EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Strategi Pengembangan Bisnis Bengkel Motor Custom di Kota Banjarmasin (Studi Kasus pada Bengkel Motor R2 Custom).

Zainudin, Zainudin (2019) Strategi Pengembangan Bisnis Bengkel Motor Custom di Kota Banjarmasin (Studi Kasus pada Bengkel Motor R2 Custom). Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (139kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (536kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (243kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (40kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertolak dari pesatnya perkembangan bengkel modifikasi motor, tepatnya bengkel motor custom, membuat beberapa orang ingin membuka usaha bengkel tersebut sehingga menambah persaingan bisnis. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi pengembangan bisnis Bengkel Motor R2 Custom, dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam pengembangan bisnis Bengkel Motor R2 Custom. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan dengan cara langsung ke lapangan untuk menggali dan memperoleh data yang berkenaan dengan masalah yang penulis teliti. Pendekatan penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Melalui teknik analisis SWOT, penelitian ini menghasilkan temuan-temuan sebagai berikut: Pertama: strategi yang dijalankan dalam pengembangan bisnis Bengkel Motor R2 Custom ada lima yaitu, mengembangkan produk jasa pada bisnis Bengkel Motor R2 Custom seperti menambah variasi konsep yaitu Japstyle, Chopper, Bobber, Caferacer dan Tracker dalam modifikasi motor custom, dan menambah segala perlengkapan motor custom, memberikan harga yang tidak jauh berbeda dari harga pesaing dan harga bisa bervariasi sesuai dengan keinginan pelanggan, mengembangkan bisnis Bengkel Motor R2 Custom dengan memilih tempat yang strategis, tepatnya di tepi jalan raya yang ramai, mengintensifkan promosi dengan memasang spanduk, mengiklankan pada media sosial, mengikuti event, dan kontes modifikasi, dan memberikan pelayanan semaksimal mungkin terhadap pelanggan, baik dari segi pengerjaan maupun dalam penjualan aksesoris motor custom. Kedua: Kendala yang dihadapi oleh bisnis Bengkel Motor R2 Custom dalam mengembangkan bisnisnya adalah modal yang kurang untuk mengembangkan bisnis ke tahap yang lebih lanjut, pesaing yang banyak dan ada beberapa pesaing yang menawarkan jasa custom motor yang lebih murah dari Bengkel Motor R2 Custom dan mengakui hasil dari jasa mereka setara dengan Bengkel Motor R2 Custom, tenaga kerja mekanik yang kurang produktif sehingga mengharuskan bapak Arifin selaku pemilik bengkel harus bekerja untuk mempercepat proses pekerjaan, terkadang ada beberapa pelanggan yang tidak sabar menunggu proses modifikasi yang dilakukan oleh Bengkel Motor R2 Custom, dan cuaca yang tidak menentu menghambat proses pengeringan cat pada bodi custom dan proses perakitan menjadi terhambat.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Skripsi Zainudin Zainudin
Date Deposited: 31 Jul 2019 06:30
Last Modified: 31 Jul 2019 06:30
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12532

Actions (login required)

View Item View Item