EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Keberagamaan Penambak Ikan Bandeng Di Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala

Supian, Muhammad (2019) Keberagamaan Penambak Ikan Bandeng Di Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala. Skripsi, Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (132kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (697kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (251kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (96kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (441kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilandasi pemikiran bahwa para penambak ikan bandeng di Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala mayoritas beragama Islam, dan sebagai umat islam mereka diwajibkan untuk beriman sesuai dengan akidah, mengamalkan ibadah, seperti salat, puasa, bayar zakat, naik haji jika mampu. Serta itu juga berakhlak yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hal itu maka penulis ingin meneliti lebih jauh lagi yang dimuat dalam sebuah skripsi. Masalah yang dirumuskan adalah bagaimana pengetahuan tentang akidah penambak ikan bandeng di Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala, bagaimana pengamalan ibadah penambak ikan bandeng di Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala dan bagaimana akhlak penambak ikan bandeng di Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala. Lokasi penelitian ini adalah di Desa Tanggul Rejo dan Kuala Lupak Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala. Yang dijadikan responden dalam penelitian ini adalah yang diambil sebanyak 10 penambak ikan bandeng di Desa Tanggul rejo dan Kuala Lupak Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penulis terjun langsung kelapangan untuk menggali data yang diperlukan sesuai dengan masalah yang diteliti. Kemudian dilakukan pengumpulan data dengan teknik observasi data tentang ibadah dan akhlak, wawancara data tentang pengetahuan akidah, pengamalan ibadah dan akhlak, dan dokumenter data tentang geografis, demografis dan sarana prasarana. Keberagamaan penambak ikan bandeng di Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala mengenai pengetahuan tentang akidah meliputi iman kepada Allah, Malaikat-Nya, Kitab-kitab-Nya, Rasul-rasul-Nya, hari kiamat dan kada dan Kadar sebagian besar sudah mengetahui dan hanya sebagian kecil saja yang belum mengetahui. Pengamalan ibadah para penambak ikan bandeng di Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala meliputi salat wajib lima waktu, salat sunah, puasa ramadhan, zakat fitrah, zakat harta dan membaca alquran sebagian besar sudah melaksanakannya dan hanya sebagian kecil saja yang belum melaksanakannya. Akhlak penambak ikan bandeng di Kecamatan Tabunganen Kabupaten Barito Kuala meliputi syukur, sabar, jujur dan amanah sebagian besar sudah mengamalkan dalam kehidupan sehari-sehari mereka.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: MUHAMMAD S MUHAMMAD SUPIAN MUHAMMAD SUPIAN
Date Deposited: 08 Aug 2019 06:37
Last Modified: 08 Aug 2019 06:37
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12659

Actions (login required)

View Item View Item