EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pemanfaatan Musholla Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Pembelajaran Fikih di MAN 2 Hulu Sungai Selatan

Rahmatullah, Muhammad Agus (2019) Pemanfaatan Musholla Sekolah Sebagai Sumber Belajar Terhadap Pembelajaran Fikih di MAN 2 Hulu Sungai Selatan. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (131kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (274kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (83kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (388kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (114kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (149kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (631kB)

ABSTRAK

Penelitian ini mengemukakan tentang pemanfaatan musholla sekolah sebagai sumber belajar terhadap pembelajaran fikih di MAN 2 Hulu Sungai Selatan dengan fokus penelitian sebagai berikut: pemanfaatan musholla sekolah sebagai sumber belajar terhadap pembelajaran fikih di MAN 2 Hulu Sungai Selatan serta faktor pendukung dan penghambat. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan musholla sekolah sebagai sumber belajar terhadap pembelajaran fikih di MAN 2 Hulu Sungai Selatan, faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Subjek penelitian ini adalah guru yang mengajar mata pelajaran fikih dan sebagian siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah pemanfaatan musholla sekolah sebagai sumber belajar terhadap pembelajaran fikih di MAN 2 Hulu Sungai Selatan, faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara,observasi, dan dokumentasi, sedangkan dalam pengolahan data digunakan teknik editing, koding, klasifikasi, dan interpretasi data. Untuk analisis data menggunakan analisis deskripsi kualitatif dengan mendeskripsikan kejadian yang sesungguhnya dalam bentuk uraian kalimat, kemudian mengambil kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini diketahui bahwa pemanfaatan musholla sekolah sebagai sumber belajar terhadap pembelajaran fikih di MAN 2 Hulu Sungai Selatan yaitu proses belajar mengajar di musholla seperti praktek, shalat berjamaah dan sholat dhuha, dan kajian kitab fikih. Adapun faktor pendukung musholla sebagai sumber belajar terhadap pembelajaran fikih adalah ruangan yang luas dan nyaman dan perangkat-perangkat pembelajaran yang terdapat di musholla yang bisa digunakan untuk pembelajaran fikih yang cukup lengkap, sedangkan faktor penghambatnya yaitu sulitnya mengatur waktu yang sering terjadi molor dan seringnya terbentur dengan kegiatan keagamaan lain di musholla.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Muhammad A Muhammad Agus Rahmatullah Muhammad Agus Rahmatullah
Date Deposited: 21 Oct 2019 03:01
Last Modified: 21 Oct 2019 03:01
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12855

Actions (login required)

View Item View Item