EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Proses Tahfizh AlQuran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Firdaus

Rizal, Muhammad (2019) Proses Tahfizh AlQuran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Firdaus. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (202kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (496kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (548kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (488kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (124kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (526kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (14kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Firdaus merupakan sekolah yang memiliki program unggulan yaitu tahfiz Alquran, dengan target penguasaan hafalan 10 juz dalam 6 tahun. Sekolah ini telah meluluskan banyak siswa yang mampu menghafal Alquran 10 juz dan bahkan lebih. Selain itu Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Firdaus juga menyelenggarakan sekolah pendidikan formal dengan menggunakan kurikulum kemenag sebagai acuan dalam proses belajar mengajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses tahfizh Alquran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Firdaus yang meliputi tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi serta untuk mengetahui problematika yang dialami siswa dalam menghafal Alquran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Firdaus. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang dilakukan langsung ke tempat penelitian untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan mengenai proses tahfizh Alquran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Firdaus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu dengan menganalisis fenomena yang diamati. Objek dalam penelitian ini adalah proses tahfizh Alquran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Firdaus yang meliputi tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi serta problematika yang dialami siswa dalam menghafal Alquran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Firdaus. Sedangkan subjek penelitian ini adalah 5 orang guru dan 62 siswa dari kelas VA dan VB. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara observasi, wawancara dan dokumetasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya data tersebut akan diolah dengan cara koleksi, editing, interpretasi data dan selanjutnya data akan dianalisis secara deskriftif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data, dapat diperoleh kesimpulan bahwa proses tahfizh Alquran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Firdaus terdiri dari 3 tahapan. (1) Tahap Perencanaan, terdiri dari menyiapkan guru yang proffesional di bidang Alquran, menyiapkan dan menyediakan waktu yang lebih besar porsinya daripada mata pelajaran yang lain, menyiapkan materi dan target hafalan serta mengelompokkan siswa sesuai dengan tingkat kemampuannya. (2) Tahap Pelaksanaan, terdiri dari jam tahfizh yang kemudian dilanjutkan dengan jam tahsin. Metode yang digunakan siswa dalam proses tahfizh Alquran di sekolah ini adalah metode Bi An Nazhar, metode Talaqqi, metode Takrir dan metode Tasmi' (3) Tahap Evaluasi, terdiri dari evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Adapun problematika tahfizh Alquran di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Firdaus terbagi menjadi dua, yaitu problem internal dan problem eksternal.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Muhammad R MUHAMMAD RIZAL MUHAMMAD RIZAL
Date Deposited: 25 Oct 2019 07:13
Last Modified: 25 Oct 2019 07:13
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12900

Actions (login required)

View Item View Item