EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembinaan Kemandirian Santri Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al-Istiqamah Banjarmasin

Syamsudin, Syamsudin (2019) Pembinaan Kemandirian Santri Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al-Istiqamah Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (130kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (520kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (609kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (363kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (107kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (386kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (91kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (210kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini mengemukakan tentang Pembinaan Kemandirian Santri Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al-Istiqamah Banjarmasin dengan fokus penelitian, pembinaan kemandirian santri madrasah tsanawiyah pondok pesantren Al-Istiqamah Banjarmasin dan faktor pendukung dan penghambat pembinaan kemandirian santri madrasah tsanawiyah pondok pesantren Al-Istiqamah Banjarmasin. Adapun tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pembinaan kemandirian santri madrasah tsanawiyah pondok pesantren Al-Istiqamah Banjarmasin dan faktor pendukung dan penghambatnya pembinaan kemandirian santri madrasah tsanawiyah pondok pesantren Al-Istiqamah Banjarmasin. Subjek penelitian ini adalah ketua pondok, 4 orang mudabbir/pembina dan 26 orang santri. Sedangkan objek penelitian ini adalah pembinaan kemandirian santri madrasah tsanawiyah pondok pesantren Al-Istiqamah Banjarmasin dan faktor pendukung dan penghambatnya pembinaan kemandirian santri madrasah tsanawiyah pondok pesantren Al-Istiqamah Banjarmasin. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan dalam pengolahan data digunakan teknik koleksi data, editing, klasifikasi, dan interpretasi data. Untuk analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan mendeskripsikan kejadian yang sesungguhnya dalam bentuk uraian kalimat, kemudian mengambil kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini diperoleh bahwa pembinaan kemandirian santri madrasah tsanawiyah pondok pesantren Al-Istiqamah Banjarmasin, yaitu: bentuk kegiatan Pembinaan Kemandirian ialah kebersihan, sholat selalu berjamaah, mencuci pakaian sendiri. cara pembinaan yaitu dengan cara kasih sayang, lemah lembut, nasehat-nasehat dan sabar. Mandiri dalam Melaksanakan Serta Menyiapkan Kebutuhanya Sendiri seperti mencuci pakaian, keperluan makan tiap hari. Dan mandiri dalam beribadah seperti bangun sholat subuh sendiri, sholat berjamaah diawal waktu. Adapun faktor pendukung yaitu dari keluarga, santri yang diam diasrama, sekolah, dan masyarakat sangat mendukung kegiatan pembinaan ini. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu sehat atau kurang sehat penyebab santri bisa malas, sikap santri yang jahil dan tidak ada motivasi dalam dirinya untuk bisa mandiri.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Syamsudin Syamsudin Syamsudin
Date Deposited: 29 Oct 2019 01:09
Last Modified: 29 Oct 2019 01:09
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/12953

Actions (login required)

View Item View Item