EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Perilaku Pedagang Ikan Pasar Ahad Kertak Hanyar (Tinjauan Etika Bisnis Islam)

Ramadhan, Ahmad (2019) Perilaku Pedagang Ikan Pasar Ahad Kertak Hanyar (Tinjauan Etika Bisnis Islam). Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (231kB)
[img] Text
AWALAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (20kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (421kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (99kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (460kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (88kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (90kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertolak dari pentingnya etika bisnis Islam dalam transaksi perdagangan yang dilakukan seorang muslim. Para pedagang terutama yang berjualan di pasar sebagai pusat keramaian perlu memperhatikan nilai-nilai etika bisnis Islam, dalam hal ini adalah para pedagang ikan yang merupakan salah satu pedagang yang barang dagangannya begitu dibutuhkan oleh masyarakat. Tujuan penelitian ini agar mengetahui perilaku etika bisnis pedagang ikan dipasar Ahad Kertak Hanyar ditinjau dari etika bisnis Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field reseach) dengan pendekatan kualitatif, penelitian ini berlokasi di pasar Ahad Kertak Hanyar, pedagang yang diteliti berjumlah 10 orang dengan memakai teknik Purposive sampling. Karenanya, untuk memperoleh data yang diperlukan, penulis melakukan observasi dan wawancara langsung kepada informan. Kemudian data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif interpretatif. Melalui pendekatan kualitatif, maka didapatkan temuan sebagai berikut : pertama, Bisnis Pedagang Ikan di Pasar Ahad Kertak Hanyar yang telah menerapkan perilaku etika bisnis Islam diantaranya hal tersebut di lihat dari beberapa sikap berikut: Niat, 2 dari 10 pedagang Ikan di Pasar Ahad Kertak Hanyar mempunyai niat untuk mendapat ridho Allah SWT. Kejujuran, Amanah, Berbuat Adil, Rajin dan Bekerja keras, Tidak menjelek-jelekan pedagang lain, semua pedagang Ikan di Pasar Ahad Kertak Hanyar menerapkan perilakuperilaku tersebut tetapi didalam sikap bekerja keras terdapat 1 orang yang bekerja lebih keras dibandingkan pedagang lainnya dengan jam berdagang lebih panjang. kedua, pedagang yang menerapkan perilaku etika bisnis islam secara utuh dari 10 Informan cuma terdapat 3 atau sekitar 30%. Karena persoalan etika masih ada yang belum sesuai dengan perilaku etika bisnis Islam yang diterapkan oleh para pedagang. Hal ini terlihat pada aspek mendasar yaitu niat dalam berdagang yang kebanyakan para pedagang niatnya dalam berdagang masih sebatas mencari keuntungan saja dengan tidak mengikut sertakan nilai-nilai ketuhanan dalam bekerja.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: AHMAD RAMADHAN -
Date Deposited: 31 Oct 2019 06:06
Last Modified: 31 Oct 2019 06:06
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13077

Actions (login required)

View Item View Item