EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengajian Tafsir Jalalain di Majelis Taklim Zawiyah Al-Muttaqin Desa Pakapuran Kacil Kecamatan Daha Utara

Amalina, Nor (2019) Pengajian Tafsir Jalalain di Majelis Taklim Zawiyah Al-Muttaqin Desa Pakapuran Kacil Kecamatan Daha Utara. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (613kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (949kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (186kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (270kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (196kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (111kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pengajian merupakan suatu wadah atau tempat untuk mengkaji dan mendalami ilmu Agama Islam. Di wilayah Kabupaten Hulu Sungai Selatan misalnya, khususnya di daerah Negara, hampir setiap harinya tidak sepi dari kegiatan pengajian. Salah satunya adalah pengajian tafsir Jalalain yang berlokasi di Majelis Taklim Zawiyah Al-Muttaqin Desa Pakapuran Kacil Kecamatan Daha Utara. Meskipun pengajian tafsir ini baru berlangsung kurang lebih 4 tahun, namun pengajian ini sudah banyak peminatnya, baik dari kalangan umum maupun kalangan santri. Peserta yang hadir bukan hanya berasal dari masyarakat setempat, tetapi juga dari desa lain yang tertarik untuk mengikuti pengajian tafsir tersebut. Kenyataan ini tampaknya tidak terlepas dari peranan guru yang mengasuhnya, dalam hal ini adalah K.H. Abdusshamad. Oleh karena itulah perlu diketahui keberadaan pengajian ini lebih jauh dengan melihat aspek pelaksanaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pelaksanaan pengajian tafsir Jalalain dan antusiasme peserta pengajian terhadap pengajian tafsir Jalalain di Majelis Taklim Zawiyah Al-Muttaqin. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan jenis penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan 3 metode pengumpulan data, yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini adalah guru pengajian dan peserta pengajian dengan populasi yang berjumlah kurang lebih 200 orang, terdiri dari laki-laki dan perempuan dari semua tingkatan umur tua dan muda, dari populasi tersebut ditarik sampel sebanyak 30 orang dengan kriteria kehadiran dan keaktifan peserta dalam mengikuti pengajian. Setelah melakukan penelitian, maka diperoleh hasil sebagai berikut: Pelaksanaan pengajian tafsir Jalalain di Majelis Taklim Zawiyah AlMuttaqin Desa Pakapuran Kacil Kecamatan Daha Utara sudah berjalan sejak tahun 2015 dan berlangsung satu kali dalam seminggu pada setiap Senin sore, waktunya sesudah salat Ashar. Jalannya pengajian ini sudah berlangsung dengan baik, hanya saja guru pengajiannya satu orang saja yaitu K.H. Abdusshamad, tanpa ada guru pengajian lain sebagai pengganti ketika beliau berhalangan. Adapun antusiasme peserta pengajian terhadap pengajian tafsir Jalalain di Majelis Taklim Zawiyah Al-Muttaqin adalah cukup tinggi, karena dilihat dari prosentasi kehadiran dan keaktifan peserta pengajian cukup besar, yaitu 83,33%. Hal tersebut memberikan gambaran bahwa peserta pengajian memandang pengajian tafsir Jalalain ini sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan ilmu pengetahuan dan kualitas beragama mereka.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > B Philosophy (General)
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: skripsi Nor Amalina
Date Deposited: 13 Dec 2019 01:41
Last Modified: 13 Dec 2019 01:41
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13330

Actions (login required)

View Item View Item