EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Upaya Guru Fiqih dalam Meningkatkan Kedisiplinan Shalat Berjamaah Siswa MTs Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin

Azkia, Nida Noor (2019) Upaya Guru Fiqih dalam Meningkatkan Kedisiplinan Shalat Berjamaah Siswa MTs Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (209kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (40kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (298kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah masih kurangnya kesadaran diri siswa dalam melaksanakan shalat zuhur berjamaah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru fiqih dalam meningkatkan kedisiplinan shalat zuhur berjamaah siswa MTs Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin yang meliputi tentang upaya guru fiqih menjadi uswatun hasanah, memberikan nasehat, hukuman dan hadiah, latihan atau praktik dan pembiasaan serta untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat upaya guru fiqih dalam meningkatkan kedisiplinan shalat zuhur berjamaah yang terdiri dari faktor internal, yaitu kesadaran, minat & motivasi, dan pola pikir, dan faktor eksternal, yaitu pembiasaan, keteladanan orang tua, lingkungan sekolah, dan teman. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru mata pelajaran fiqih MTs Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin, sedangkan objek penelitian ini adalah upaya guru fiqih, faktor pendukung dan faktor penghambat upaya guru fiqih dalam meningkatkan kedisiplinan shalat zuhur berjamaah siswa MTs Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin. Teknik pengumpulan data diambil dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya diproses melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, upaya guru fiqih dalam meningkatkan kedisiplinan shalat zuhur berjamaah siswa MTs Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin adalah menjadi uswatun hasanah atau teladan yang baik bagi siswa, memberikan nasehat tentang pentingnya melaksanakan shalat di awal waktu dan melaksanakannya secara berjamaah, memberikan hukuman bagi siswa yang tidak disiplin dan memberikan hadiah kepada siswa yang disiplin dalam melaksanakan shalat zuhur berjamaah. Selain itu, guru fiqih juga terus melakukan latihan-latihan dan praktik dengan terus sambil diawasi agar siswa terbiasa disiplin dalam melaksanakan shalat zuhur berjamaah. Faktor pendukung dan penghambat upaya guru fiqih dalam meningkatkan kedisiplinan shalat zuhur berjamaah siswa MTs Muhammadiyah 3 Al-Furqan Banjarmasin dapat dibagi menjadi dua, yaitu: Pertama, faktor internal atau faktor yang datang dari dalam diri siswa tersebut yang meliputi kesadaran, minat dan motivasi serta pola pikir. Kedua, faktor eksternal atau faktor yang datang dari luar diri siswa tersebut yang meliputi pembiasaan, keteladanan orang tua, lingkungan sekolah, dan teman.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Nida Noor Azkia Nida Noor Azkia
Date Deposited: 18 Dec 2019 03:27
Last Modified: 18 Dec 2019 03:27
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13344

Actions (login required)

View Item View Item