EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ahsanul Insan Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar

Fadhli, M. Zahri (2019) Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ahsanul Insan Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (199kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (920kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (214kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (481kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (177kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (348kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (153kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Kurikulum di sekolah tersebut tidak sesuai dengan kurikulum pemerintah, karena di sekolah tersebut mempunyai kurikulum sendiri yaitu semi pesantren dan bahan ajarnya menggunakan kitab-kitab kuning seperti bahan ajar yang digunakan di mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yaitu menggunakan buku juz amma sebagai acuan pembelajaran. Hal tersebut tidak sesuai dengan kurikulum pembelajaran Al Qur’an Hadits yang diterapkan pemerintah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ahsanul Insan Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar dengan sub fokus mencakup: (1) Pembelajaran Al-Qur’an Hadits kelas V di Madrasah Ibtidayah Ahsanul Insan Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar. (2) Faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran Al-Qur’an Hadits kelas V di Madrasah Ibtidayah Ahsanul Insan Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field Research) dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan adalah penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang Guru pelajaran Al-Qur’an Hadits dan 24 siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ahsanul Insan Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar. Sedangkan objek penelitiannya adalah pembelajaran Al Qur’an Hadits kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Ahsanul Insan Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya diproses melalui editing dan interpretasi data. Selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Pembelajaran Al-Qura’an Hadits kelas V di MI Ahsanul Insan Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar terlaksana dengan cukup baik, dapat dilihat pada pelaksanaan dan evaluasi yang mengacu kepada Kurikulum sekolah yaitu semi pesantren yang menggunakan kitab Juz Amma untuk pembelajaran Al-Qur’an dan kitab targib wa tarhib untuk pembelajaran hadits. Hanya saja kurang baik pada perencanaan karena kurangnya pengetahuan kedua guru dalam membuat perencanaan seperti program tahunan, program semester, silabus, RPP dan lain-lain juga tidak melakukan tindak lanjut. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pembelajaran Al-Qur’an Hadits di MI Ahsanul Insan Kecamatan Gambut Kabupaten Banjar. Diantaranya faktor pendukungnya yaitu pendidik yang sesuai latar belakang pendidikannya serta sudah berpengalaman dalam mengajar. Namun ada juga faktor penghambatnya seperti kurangnya sarana prasarana yang ada di sekolah seperti tidak adanya perpustakaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: M. Zahri F M. Zahri Fadhli M. Zahri Fadhli
Date Deposited: 23 Dec 2019 02:20
Last Modified: 23 Dec 2019 02:20
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13357

Actions (login required)

View Item View Item