EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengetahuan Masyarakat dan Pelaksanaan Pembayaran Zakat Pertambangan Emas Tradisional di Wilayah Kecamatan laung Tuhup.

Ameng, Ameng (2019) Pengetahuan Masyarakat dan Pelaksanaan Pembayaran Zakat Pertambangan Emas Tradisional di Wilayah Kecamatan laung Tuhup. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (224kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (145kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (246kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (154kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (351kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (87kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (796kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa menemukan kenyataan yang berbeda pada pengetahuan dan pelaksanaan pembayaran zakat pertambangan emas tradisional di wilayah Kecamatan Laung Tuhup ditemukan kurangnya pengetahuan masyarakat tentang zakat pertambangan emas di wilayah tersebut. Kalau pengetahuan masyarakat di Laung Tuhup tentang zakat pertambangan emas adalah banyak masyarakat yang minim pengetahuan tentang zakat pertambangan sehingga cara mereka mengluarkan zakat tidak sesuai dengan syariat yang di ajarkan oleh agama Islam, sehingga masyrakat yang berada di Muara Laung banyak yang belum tau tentang bagaimana cara membayar zakat dan masyarakat yang berada di Muara Laung banyak yang tidak berzakat pada zakat pertambangan tersebut, padahal di kecamataan Laung Tuhup 80% memiliki pekerjaan sebagai penambang emas dan mayoritas beragama Islam. Pelaksanaan pembayaran zakat di kecamatan Laung Tuhup tersebut tidak sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang benar dan berdasarkan syariat Islam. Pendapat mereka tentang zakat pertambangan adalah sesuatu yang harus di wajibkan untuk membayar zakat, tetapi mereka dalam melakukan pengeluaran zakat kurangnya mengetahui bagaimana cara yang benar untuk mengeluarkan zakat sesuai dengan syariat yang di ajarkan oleh agama Islam. dan bahkan pula ada yang tidak mengelurkan zakat karena mereka enggan ingin mengetahui bagaimana cara mengelurkan zakat yang benar sesuai dengan syariat yang di ajarkan oleh agama Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan ( field reserch ) yang bersifat studi kasus. Subjek penelitian ini adalah pertambangan emas tradisional, obyek penelitian adalah zakat pertambangan emas. Untuk memperoleh datanya dilakukan dengan wawancara kepada responden dan informan serta dari dokumen-dokumen yang ada. Selanjutnya pengolahan data dari teknik editing, kemudian dianalisis secara kualitatif deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh 20 (dua puluh) kasus pengetahuan masyarakat dan pelaksanaan pembayaran zakat pertambangan emas tradisional di wilayah Kecamatan Laung Tuhup, gambarannya adalah Gambaran pengetahuan masyarakat di Laung Tuhup tentang zakat pertambangan emas adalah banyak masyarakat yang minim pengetahuan tentang zakat pertambangan sehingga cara mereka mengeluarkan zakat tidak sesuai dengan syariat yang diajarkan oleh agama Islam, sehingga masyarakat yang berada di Muara Laung banyak yang belum tau tentang bagaimana cara membayar zakat tersebut, padahal di kecamataan Laung Tuhup 80% memiliki pekerjaan sebagai penambang emas dan mayoritas beragama Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Ameng Ameng
Date Deposited: 23 Dec 2019 03:16
Last Modified: 23 Dec 2019 03:16
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13367

Actions (login required)

View Item View Item