EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pendidikan Penyelenggaraan Jenazah dalam Kitab Sabilal Muhtadin Karya Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari

Nabila, Muthi (2019) Pendidikan Penyelenggaraan Jenazah dalam Kitab Sabilal Muhtadin Karya Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari. Skripsi, Tarbiyah Dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (158kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (830kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (344kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (897kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (323kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (357kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (196kB)

ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk memahami pendidikan dan cara penyelenggaraan jenazah pada kitab Sabilal Muhtadin karya Syekh Muhammad Arsyad al-Bnajari. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian library research (penelitian kepustakaan) dengan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam menganalisis data adalah heuristik dan hermeneutika. Teknik pengumpulan data terdiri dari studi dokumenter dan studi kepustakaan. Teknik pengolahan data melalui membaca, meneliti, menyeleksi, mempelajari, dan mengklasifikasikan data-data relevan yang mendukung pokok bahasan penelitian sehingga pembahasan tersebut dapat dianalisis dan dideskripsikan dalam pembahasan yang utuh. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa secara umum pendidikan penyelenggaraan jenaah dalam kitab Sabilal Muhtadin karya Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari, berisi banyak pemikiran-pemikiran beliau yang disesuaikan dengan kultur masyarakat Banjar. Agar masyarakat mudah menjalankan segala aturan dalam beragama maka dibuatlah kitab yang menyesuaikan kearifan lokal masyarakatnya. Dalam kitab Sabilal Muhtadin dibahas mengenai bolehnya menguburkan jenazah menggunakan tabala dikarenakan struktur tanah di daerah tersebut lebih berair dibandingkan dengan daerah-daerah lain, membangun bangunan di atas kuburan serta menyediakan makanan untuk pelayat. Dengan adanya penjelasan-penjelasan mengenai bagaimana cara menyelenggarakan jenazah serta hal yang berhubungan dengan kultur tersebut, masyarakat akan lebih mudah dalam melaksanakan aturan dalam beragama Islam.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs. Murtini UIN
Date Deposited: 04 Feb 2020 01:48
Last Modified: 04 Feb 2020 01:48
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13600

Actions (login required)

View Item View Item