EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Karakteristik Juru Dakwah di Kecamatan Batang Alai Selatan Kabupaten Hulu Sugai Tengah

Rizki, Rian Nor (2019) Karakteristik Juru Dakwah di Kecamatan Batang Alai Selatan Kabupaten Hulu Sugai Tengah. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (33kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (438kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (169kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (234kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (404kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf

Download (165kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (155kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (213kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (921kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilandasi pemikiran bahwa meski masyarakat disibukkan dengan sawah dan kebun karetnya masyarakat Batang Alai Selatan tetap saja gemar mengikuti majelis ta’lim atau pengajian di langgar, mushala, ataupun masjid terdekat. Kegemaran masyarakat ke pengajian-pengajian yang ada tersebut tentu saja tida lepas dari peran juru dakwah. Melihat juru dakwah yang begitu digemari dakwahnya tentu saja menjadi hal menarik bagi penulis. Penulis melihat bahkan beberapa juru dakwah sangat digemari oleh segala golongan lintas usia. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja materi dakwah yang sering disampaikan oleh juru dakwah di kecamatan Batang Alai Selatan kabupaten Hulu Sungai Tengah? Apa saja metode yang di gunakan para juru dakwah di kecamatan Batang Alai Selatan kabupaten Hulu Sungai Tengah? Bagaimana cara komunikasi para juru dakwah di kecamatan Batang Alai Selatan kabupaten Hulu Sungai Tengah? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui materi dakwah yang sering disampaikan para juru dakwah di kecamatan Batang Alai Selatan kabupaten Hulu Sungai Tengah. Mencari tahu metode yang digunakan para juru dakwah di kecamatan Batang Alai Selatan. Mengetahui cara komunikasi juru dakwah di kecamatan Batang Alai Selatan kabupaten Hulu Sungai Tengah. Lokasi penelitian Batang Alai Selatan adalah sebuah Kecamatan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Provinsi Kalimantan Selatan. Kecamatan Batang Alai Selatan memiliki delapan belas desa dan satu kelurahan. Memiliki luas wilayah 189,80 km2 , dengan kepadatan penduduk 115 jiwa/km2. Objek penelitian ini adalah Objek penelitian adalah sasaran atau tujuan utama penelitian. Maka objek penelitian ini adalah karakteristik juru dakwah di Kecamatan Batang Alai Selatan. Metode dalam penelitian ini adalah metode field research (penelitian lapangan), yaitu penulis terjun langsung kelapangan untuk menggali data yang diperlukan sesuai dengan masalah yang diteliti, diolah melalui proses koleksi data, editing data, klasifikasi data, serta interprestasi data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumenter. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik yang diperlihatkan oleh juru dakwah kecamatan Batang Alai antara lain, dari segi materi yang sering disampaikan adalah akhlak, fiqih, tarikh, tauhid, ibadah sehari-hari beserta adabnya dan iman. Metode yang sering digunakan adalah metode ceramah. Dari segi komunikasi, komunikasi yang cenderung di gunakan adalah komunikasi satu arah namun tidak menutup kemungkinan melakukan komunikasi dua arah. Materi dakwah yang disampaikan juru dakwah di kecamatan Batang Alai Selatan kabupaten Hulu Sungai Tengah terfokus pada akhlak, fiqih, tarikh, tauhid, ibadah sehari-hari beserta adabnya dan iman. Hasil wawancara jama’ah menunjukkan bahwa karakteristik lain yang terlihat oleh jama’ah dan hasil pengamtan penulis adalah, penceramah tegas, humoris dan materi mudah dipahami.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Rian Nor R Rian Nor Rizki Rian Nor Rizki
Date Deposited: 12 Feb 2020 06:48
Last Modified: 12 Feb 2020 06:48
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13622

Actions (login required)

View Item View Item