EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Interpretasi Kontroversial Ade Armando terhadap Al-quran di Media Sosial

Wiwanda, Ikhsan Yulis (2020) Interpretasi Kontroversial Ade Armando terhadap Al-quran di Media Sosial. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (400kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (378kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf

Download (118kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (733kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (376kB)
[img] Text
Lampiran-lampiran.pdf

Download (438kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (89kB)

ABSTRAK

Interpretasi terhadap al-Quran yang terjadi di media sosial seringkali menjadi kontroversi. Kontroversi penafsiran ayat al-Quran tidak hanya terjadi di dunia akademis, tetapi bahkan lebih ramai dibicarakan di dunia maya (media sosial). Salah satu tokoh yang sering melontarkan atau mengupload isu-isu kontroversial ialah Ade Armando. Melalui skripsi ini akan menganalisis apa saja isu kontroversial terkait al-Quran yang dikemukakan Ade Armando di media sosial, bagaimana interpretasi Ade Armando terhadap isu-isu al-Quran dan bagaimana respon para ulama sertanetizen atas pemikiran Ade Armando, dengan cara mengumpulkan data kualitatif berupa unggahan di media sosial dari situs Madina Online, Worldpress, Facebook, Twitter dan Youtube, kemudian membaca dan menganalisis isi, metode dan asal usul sumber pemikiran (rujukan) serta membandingkan pemikiran tokoh lainnya. Pada akhirnya didapatkan hasil pemikiran Ade Armando di media sosial di antaranya hukum dalam al-Quran?, LGBT, dan Langgam Jawa. Kemudian dasar pemikirannya ialah, beliau merujuk Quraish Shihab dalam penetapan dalil pembolehan langgam Jawa, sedangkan pendapat yang lain beliau menggunakan pemikirannya sendiri dengan pandangan logis (akal). Sedangkan mengenai respon ada yang mendukung dan ada yang menolak, seperti pendapat mengenai ijtihad yang bisa dilakukan dan itu sah-sah saja selama memenuhi kriteria, sedangkan kalau masalah LGBT alasan mereka menerima karena itu fitrah lahir, dalil al-Quran (an-Nûr : 31), dll, sedangkan yang menolak mereka beranggapan bertentangan dengan dalil al-Quran surah Hûd 77-79. Dan tentang langgam ada dalil perintah agar membaca tidak menirukan nada orang fasik, kelompok yang ix menerima mereka menemukan bahwa dalil itu tidak kuat, sedangkan yang menolak mereka menggunakan dalil itu dan adanya kekhawatiran bila pembolehan menggunakan nada lain selain latar belakang pembaca mereka khawatir ayat al-Quran akan dimain-mainkan.

Item Type: Skripsi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: IKHSAN YULIS WIWANDA
Date Deposited: 28 Feb 2020 06:25
Last Modified: 03 Mar 2020 02:29
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13800

Actions (login required)

View Item View Item