EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penerapan Strategi Pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah SMIP 1946 Banjarmasin

Nurul Hikmah, Nurul Hikmah (2020) Penerapan Strategi Pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah SMIP 1946 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN .pdf

Download (214kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (417kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf

Download (129kB)
[img] Text
BAB IV .pdf

Download (315kB)
[img] Text
BAB V .pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (233kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

v ABSTRAK Nurul Hikmah. 2020. Penerapan Strategi Pembelajaran Fiqih di Madrasah Aliyah SMIP 1946 Banjarmasin. Skripsi, Jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Shapiah, M. Pd. I. (II) Najminnur Hasanatun Nida, S.Pd.I, M.Pd.I. Pembelajaran fiqih dianggap memberikan kontribusi dalam memberikan motivasi kepada siswa untuk mempraktekkan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari. Untuk itu guru dituntut untuk lebih kreatif dalam penyampaian materi di dalam kelas, salah satunya dengan menggunakan strategi yang tepat yaitu menyesuaikan karakteristik siswa, materi dan tujuan yang hendak dicapai. Selain itu guru juga harus mampu menciptakan kondisi atau suasana pembelajaran yang kondusif untuk memenuhi kebutuhan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Adapun penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikam penerapan srategi pembelajaran fiqih di Madrasah Aliyah SMIP 1946 Banjarmasin serta mendeskripsikan faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Sedangkan subyek penelitiannya ini adalah siswa kelas X MIA/IIS, XI MIA, dan XII MIA dan 1 orang guru mata pelajaran fiqih. Metode dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan prilaku yang dapat diamati. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah reduksi data, penyaji data, dan verifikasi. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan srategi pembelajaran fiqih di Madrasah Aliyah SMIP 1946 Banjarmasin meliputi penerapan strategi pembelajaran fiqih, yang diterapkan yaitu strategi The Power Of Group dengan materi Jihad pada kelas XII MIA, strategi Mind Mapping dengan materi Sumber Hukum Islam kedua (Hadits) pada kelas XII MIA, Strategi Talking Stick dengan materi Konsep Kepemilikan dan Akad pada kelas X MIA/IIS, dan Strategi Make a match dengan materi Pernikahan dalam Islam pada kelas XI MIA. Adapun penerapan strategi pembelajaran fiqih di Madrasah Aliyah SMIP 1946 Banjarmasin terlaksana dengan baik dan lancar dan faktor yang mempengaruhi yaitu faktor guru, faktor siswa, faktor sarana dan prasarana serta faktor lingkungan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Nurul Nurul Hikmah Nurul Hikmah
Date Deposited: 04 Mar 2020 02:26
Last Modified: 04 Mar 2020 02:26
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13888

Actions (login required)

View Item View Item