EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pelaksanaan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Fiqih Shalat di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Banjarmasin

Salsabila, Ghina Fairuz (2020) Pelaksanaan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Fiqih Shalat di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (394kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (691kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (826kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf

Download (328kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (614kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (412kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan metode demonstrasi dalam pembelajaran Fiqih Shalat di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Banjarmasin, faktor-faktor pendukung dan faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan metode demonstrasi pembelajaran Fiqih Shalat di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Banjarmasin. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian diskriptif. Subjek penelitian ini adalah dua (2) orang guru Fiqih yaitu guru Fiqih kelas VII dan guru Fiqih kelas VIII. Objek penelitian ini adalah mengenai pelaksanaan metode demonstrasi dalam pembelajaran Fiqih Shalat kelas VII A dan VIII I di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Banjarmasin. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Pelaksanaan Metode Demonstrasi dalam Pembelajaran Fiqih Shalat di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Banjarmasin dapat disimpulkan bahwa guru Fiqih kelas VII A membuat rancangan pembelajaran seperti silabus dan RPP, di dalam pembelajaran ada kegiatan awal/pendahuluan, ada kegiatan inti di mana proses metode demonstrasi Shalat dipaparkan ada materi pembelajaran, media dan proses evaluasi, dan kegiatan akhir proses mengakhiri metode demonstrasi. Guru cukup baik dalam melaksanakan pembelajaran Fiqih Shalat dengan metode demonstrasi walaupun dengan keterbatasan waktu yang kurang memadai. Sedangkan guru Fiqih kelas VIII I dalam pelaksanaan metode demonstrasi Shalat ini tidak menggunakan rancangan pembelajaran. Di kelas VIII ini pembelajaran Fiqih Shalat sebagai latihan pengayaan untuk peserta didik yang nantinya akan naik ke kelas IX, di kelas IX yang akan ada ujian sekolah di antaranya ada ujian dalam praktek Shalat. Dalam pelaksanaan metode demonstrasi Shalat di kelas VIII I ini terdapat juga kegiatan awal/pendahuluan, kegiatan inti adanya: materi, metode, media, evaluasi, dan kegiatan akhir/penutup. Adapun faktor-faktor pendukung dan faktor-faktor penghambat dalam pelaksanaan metode demonstrasi pembelajaran Fiqih Shalat di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Banjarmasin, faktor pendukungnya meliputi guru, peserta didik, sarana prasarana, bahan pelajaran yang disampaikan guru, dan faktor lingkungan, sedangkan faktor penghambatnya meliputi keterbatasan waktu dan beberapa peserta didik yang tidak memperhatikan pembelajaran.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 12 Mar 2020 06:52
Last Modified: 12 Mar 2020 06:52
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13924

Actions (login required)

View Item View Item