EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Syekh Abdurrahman Siddiq al-Banjari: Madam Dakwah Lintas Kawasan

Zulfa, Jamalie (2015) Syekh Abdurrahman Siddiq al-Banjari: Madam Dakwah Lintas Kawasan. In: Konferensi Nadwah Ulama Nusantara (NUN) VI Tahun 2015, Kuala Lumpur.

[img] Text
6-NUN Malaysia 2015 Makalah.pdf

Download (151kB)

ABSTRAK

Di kalangan masyarakat Banjar (Kalimantan Selatan) dan Sapat-Indragiri Riau atau Bangka Belitung (Sumatera), nama Syekh Abdurrahman Siddiq al-Banjari sangat dikenal, sebab beliau merupakan salah seorang ulama besar Kalimantan dan zuriat dari Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari. Abdurrahman Siddiq dikenali sebagai seorang ulama yang wara’, sufi yang tawadhu, mufti yang tegas, da’i yang gigih, pendidik yang giat, penulis yang produktif, penerjemah, dan juga penyair kondang yang syair-syair religiousnya mampu memukau orangorang di zamannya. Melalui syair-syair itu pula, beliau berdakwah dan berusaha meluruskan aliran kalam dan tasawuf yang cenderung menyimpang. Abdurrahman Siddiq memang dikenali sebagai seorang ulama besar yang memainkan peranan penting dan menjadi generasi penerus jaringan penghubung antara Banjarmasin dan negeri-negeri Melayu lainnya (terutama Kepulauan Sumatera; Riau dan Bangka dan Semenanjung Malaysia). Beliau juga telah meneruskan tradisi ulama-ulama Banjar untuk melakukan “Madam Dakwah”, iaitu keluar dari kampong halaman atau pergi merantau ke pelbagai daerah untuk menyebarkan dan mendakwahkan Islam. Aktivitas dakwahnya tidak hanya di kampong halaman (MartapuraBanjar), akan tetapi juga sampai ke berbagai daerah di Nusantara. Beliau bahkan kemudian menetap dan berkubur di Kampung Parit Hidayat Sapat Indragiri Riau. Daerah yang semula kosong ini kemudian berubah menjadi basis dakwah, pusat penyebaran Islam, dan pengkaderan generasi dakwah setelah dibangun pondok pesantren. Aktivitas Abdurrahman Siddiq dalam berdakwah telah menunjukkan pengabdian luar biasa dan berimplikasi luas terhadap penyebaran Islam; intelektualitasnya yang tinggi mampu meyakinkan semua golongan dan memberi solusi terhadap pelbagai persoalan yang mereka hadapi; serta pengajaran dan karya-karyanya telah menjadi rujukan berharga bagi masyarakat Melayu dalam memahami Islam. Oleh itu, menarik untuk dikaji bagaimana pola dan implikasi dakwah lintas kawasan (pulau) yang telah dilakukan oleh Syekh Abdurrahman Siddiq.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Dr Ahdie Anwary
Date Deposited: 17 Mar 2020 03:31
Last Modified: 17 Mar 2020 03:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/13948

Actions (login required)

View Item View Item