EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Bimbingan Keagamaan Anak Perspektif Lukman al-Hakim dalam al-Quran: Kajian Tematis Tafsir Surah Lukman Ayat 13-19

Hasanah, Nor (2020) Bimbingan Keagamaan Anak Perspektif Lukman al-Hakim dalam al-Quran: Kajian Tematis Tafsir Surah Lukman Ayat 13-19. Skripsi, Dakwah Dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (114kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (548kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (643kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf

Download (213kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (570kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (233kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (690kB)

ABSTRAK

Skripsi ini dilatar belakangi oleh pentingnya bimbingan keagamaan yang diperintahkan Allah dalam Al-Qur’an salah satunya pada Quran Surah Ali Imran ayat 104 yang artinya: “Dan hendaklah ada diantara kamu segolongan ummat yang menyeru kepada kebijakan, menyuruh kepada yang makruf dan mencegah dari yang munkar, merekalah orang-orang yang beruntung.” Ayat ini menjelaskan pentingnya menyerukan dakwah, dimana dalam hal ini bimbingan keagamaan adalah sorotan utama sebagai sarana dakwah untuk semua manusia di berbagai kalangan termasuk berdakwah kepada anak. Tidak terkecuali bimbingan keagamaan yang terdapat dalam Quran Surah Lukman. Dalam ayat ini melalui panjabaran kajian tafsir tematis ditemukan bahwa ada proses bimbingan keagamaan yang berlangsung antara Lukman al-Hakim dengan anaknya yang memiliki keunggulan tersendiri sehingga pelu dikembangkan sebagai landasan dasar bimbingan keagamaan, inilah yang kemudian membuat penulis tertarik untuk memahami seraya terus menggali serta memunculkan kembali proses bimbingan ala Lukman al-Hakim ini. Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara mengumpulkan data terkait ayat beserta tafsirnya yang digunakan pada penelitian ini kemudian disatukan dalam satu catatan berikut dokumentasi. Data dianalisa dengan tiga tahapan yakni memilah data, penyajian data dan menganalisis ditutup dengan menyimpulkan data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa bimbingan keagamaan anak perspsektif Lukman al-Hakim merupakan bentuk bimbingan keagamaan yang sangat ideal dimana didalamnya di bahas secara jelas dan lengkap terkait landasan dasar bimbingan keagamaan yaitu bersumber dari al-Quran dan Sunnah dengan tujuan membentuk generasi insan kamil, menggunakan metode bimbingan keagamaan langsung atau face to face, materi akidah terkait peng-Esaan Tuhan tanpa menyekutukan dan meyakini adanya hari akhir, ibadah solat, amar ma’ruf dan nahi munkar yang harus diiringi dengan kesabaran, dan akhlak terhadap orang lain. Sehingga penulisan ini disimpulkan dengan analisis penulis tentang bimbingan keagamaan anak perspektif Lukman al-Hakim telah sesuai dan tepat sebagaimana yang terdapat dalam teori bimbingan keagamaan. Melalui bimbingan keagamaan yang sangat ideal ini kemudian diharapkan agar pembaca khususnya dan seluruh khalayak pada umumnya mampu mendakwahkan Islam terlebih melalui sarana bimbingan keagamaan dalam interaksi sosial sehari-hari. Kata Kunci: Bimbingan agama, Lukman al-Hakim, Quran surah Lukman 13-19.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Nor Hasanah Nor Hasanah
Date Deposited: 13 Apr 2020 01:56
Last Modified: 13 Apr 2020 01:56
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14047

Actions (login required)

View Item View Item