EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Orang Tua Terhadap Pemenuhan Hak Anak Usia Dini Dalam Bidang Pendidikan Di Pemukiman Pemulung (Studi Kasus Di Tpa Basirih Kota Banjarmasin)

Elmaauliasari, Elmaauliasari (2020) Peran Orang Tua Terhadap Pemenuhan Hak Anak Usia Dini Dalam Bidang Pendidikan Di Pemukiman Pemulung (Studi Kasus Di Tpa Basirih Kota Banjarmasin). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (147kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (378kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (259kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (185kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (436kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (89kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (167kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Peran orang tua sangat penting untuk tumbuh kembang anak sehingga anak mampu mencapai tujuan pendidikan yang seharusnya mereka dapatkan, dimana pendidikan merupakan hak bagi setiap anak dalam kelangsungan kehidupannya. Sebagai orang tua berkewajiban mendidik anak dengan baik serta memenuhi hak anak dalam berbagai kebutuhan, salah satunya hak untuk mendapatkan Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua terhadap pemenuhan hak anak usia dini dalam bidang pendidikan serta faktor pendukung dan penghambat yang memengaruhi peran orang tua terhadap pemenuhan hak anak usia dini dalam bidang pendidikan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis studi kasus dengan alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Miles dan Huberman yang berupa proses pengumpulan data, pencatatan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun tahap pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, dan tringulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peran orang tua terhadap pemenuhan hak anak usia dini dalam bidang pendidikan di pemukiman pemulung TPA Basirih belum terpenuhi sepenuhnya dikarenakan waktu orang tua yang sangat minim dalam memberikan pendidikan terhadap anak, serta ekonomi yang tidak mencukupi dalam memenuhi hak anak yang seharusnya didapatkan oleh seorang anak. Faktor pendukung orang tua dalam memenuhi hak anak, dengan bekerja keras untuk dapat mensekolahkan anak serta ingin anak dapat sukses dengan berusaha memberikan fasilitas sesuai kemampuan orang tua, faktor penghambat waktu luang yang minim dalam memberi pendidikan terhadap anak, dan ekonomi yang minim untuk memasukan anak kesekolah dengan biaya sekolah terbilang cukup mahal.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Meri Susan Meri Susan Meri Susan
Date Deposited: 17 Jun 2020 12:04
Last Modified: 17 Jun 2020 12:04
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14144

Actions (login required)

View Item View Item