EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembelajaran Agama Islam Pada Anak Tunagrahita Di SLB Negeri 2 Banjarmasin

Zeky, Muhammad (2020) Pembelajaran Agama Islam Pada Anak Tunagrahita Di SLB Negeri 2 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (249kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (7kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (374kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (23kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini peneliti lakukan dilatarbelakangi dalam pentingnya pembelajaran agama Islam pada anak tunagrahita, mengajarkan agama Islam pada peserta didik yang memiliki kelainan, keterbatsan kemampuan dan kelemahan, berbeda-beda dari segi materi, metode, media, evaluasi, dan lain sebagainya, guru memiliki posisi strategis dan menentukan keberhasilan pembelajaran, karena seorang guru adalah perencana, pengelola, dan penilai dari seluruh proses pembelajaran. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah mengatahui bagaimana pembelajaran agama Islam pada anak tunagrahita khususnya kelas VII di SLB Negeri 2 Banjarmasin, yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta untuk mengatahui faktor yang mempengaruhi pembelajaran agama Islam yang terdiri dari faktor pendidik, peserta didik, lingkungan, sarana dan prasarana. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang bertujuan terjun kelapangan untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan mengenai pembelajaran agama Islam pada anak tunagrahita di SLB Negeri 2 Banjarmasin dalam menjadikan peserta didik dapat mengembangkan potensinya seperti peserta didik normal pada umumnya. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara observasi, wawancara, dan documenter. Setelah data terkumpul, selanjutnya diproses melalui koleksi, klasifikasi dan editing, selanjutnya dianalisis dengan menggunakan desktiftif kualitatif, untuk penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran agama Islam pada anak tunagrahita di SLB Negeri 2 Banjarmasin, guru PAI ternyata sudah memberikan yang terbaik kepada peserta didik dalam proses pembelajaran agama Islam. Terlihat dari usaha yang dilakukan guru PAI dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran agama Islam yang selalu mengulang-ulang materi salat, sejarah dan lain-lain, supaya peserta didik nantinya mengerti dan biasa mengamalkanya dalam kehidupan sehari-hari. Adapun faktor yang mempengaruhi dalam pembelajaran agama Islam yaitu pendidik, peserta didik, lingkungan, sarana dan prasarana.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Rian Nor R Rian Nor Rizki Rian Nor Rizki
Date Deposited: 23 Jun 2020 03:24
Last Modified: 23 Jun 2020 03:24
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14172

Actions (login required)

View Item View Item