EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Life Skills Ibadah Para Santri Di Pondok Pesantren Al Hikmah Banjarmasin

Elfita, Elmy (2020) Peran Guru Fiqih Dalam Meningkatkan Life Skills Ibadah Para Santri Di Pondok Pesantren Al Hikmah Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (347kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (285kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (569kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (420kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (782kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (280kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (405kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Para santri dianjurkan untuk melakukan kegiatan yang dapat memupuk kebiasaan baik terutama hal ibadah sholat berjam’ah dan puasa sunnah senin dan kamis, salah satu kegiatan yang dapat meningkatkan life skills ibadah para santri untuk bekal mereka kelak. Untuk mewujudkan santri yang mempunyai kecakapan hidup (life skills) dalam beribadah maka dibutuhkan peran serta guru fiqih. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peran guru fiqih dalam meningkatkan life skills ibadah para santri di Pondok Pesantren Al Hikmah Banjarmasin dan kendala yang dihadapi peran guru fiqih dalam meningkatkan life skills ibadah para santri di Pondok Pesantren Al Hikmah Banjarmasin Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah bersifat kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah Ustadz yang mengajar fiqih, dan 22 santri di Pondok Pesantren Al Hikmah Banjarmasin, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah peran guru fiqih dalam meningkatkan life skills ibadah para santri di Pondok Pesantren Al Hikmah Banjarmasin khsusunya ibadah sholat dan puasa sunnah senin dan kamis. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara observasi, wawancara, angket atau kuesioner dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya diproses melalui Redukasi Data, Penyajian Data, dan Verification, selanjutnya data di analisis dengan deskriptif induktif. Berdasarkan penyajian data yang kemudian dianalisis dapat ditarik kesimpulan bahwa peran guru fiqih dalam meningkatkan life skills ibadah para santri di Pondok Pesantren Al Hikmah Banjarmasin. Pertama Minat santri terhadap pembelajaran fiqih yaitu, sudah sangat baik. Kedua, Rutinitas santri dalam pelaksanaan sholat berjama’ah yaitu sudah cukup baik, Ketiga Tingkat kedisiplinan santri dalam melaksanakan sholat berjama’ah yaitu, cukup baik Keempat, Rutinitas santri dalam melaksanakan puasa sunnah (senin dan kamis) yaitu, cukup baik dan Faktor kendala: kondisi santri, Sumber guru, orang tua dan lingkungan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Fachri Ahm Fachri Ahmad Fachri Ahmad
Date Deposited: 02 Jul 2020 02:36
Last Modified: 02 Jul 2020 02:36
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14334

Actions (login required)

View Item View Item