EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pendidikan Al-qur’an di Kalangan Keluarga Petani di Palingkau Kecamatan Kapuas Murung

Amnah, Amnah (2020) Pendidikan Al-qur’an di Kalangan Keluarga Petani di Palingkau Kecamatan Kapuas Murung. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (349kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (389kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (580kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (690kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (582kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (289kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (386kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Pokok Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini adalah Pendidikan Al-qur‟an di Palingkau Kecamatan Kapuas Murung masih dalam tahap penggalakkan, terlebih pada keluarga yang latar belakang yang profesinya sebagai petani untuk dijadikan masalah yang disajikan. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pendidikan Al-qur‟an di kalangan keluarga petani demi melihat sejauh mana kuliatas yang diberikan setiap orang tua di kalangan keluarga petani dalam mendidik anak-anak mereka, serta untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi pendidikan Al-qur‟an dalam keluarga petani di Palingkau Kecamatan Kapuas Murung sehingga dapat diperbaiki jika terdapat kekurangan dan juga dapat ditingkatkan jika ada kelebihan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitiaan yang bertujuan dan terjun kelapangan untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan mengenai pendidikan Alquran di kalangan keluarga petani di Palingkau Kecamatan Kapuas Murung yang meliputi awal mengenal Al-qur‟an, siapa yang mengajarkan Al-qur‟an, tujuan orang tua memberikan pendidikan Al-qur‟an, metode yang digunakan orang tua dan peran orang tua dalam memberikan pendidikan Al-qur‟an. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yaitu pendekatan yang lebih menekankan analisisnya pada proses pengumpulan deduktif serta pada analisis terhadap dinamika hubungan antar fenomena yang diamati dengan menggunakan logika ilmiah. Objek dalam penelitian ini adalah mengenai pendidikan Al-qur‟an di kalangan keluarga petani di Palingkau Kecamatan Kapuas Murung, sedangkan yang manjadi subjek penelitiannya adalah keluarga petani di Palingkau Kecamatan Kapuas Murung. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara observasi, wawancara dan dokumenter. Setelah data terkumpul, selanjutnya diproses koleksi data, editing dan reduksi data. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa pendidikan Al-qur‟an di kalangan keluarga petani di Palingkau Kecamatan Kapuas Murung dapat dilihat dari : (1) Awal mengenal Al-qur‟an, (2) Siapa yang mengajarkan Al-qur‟an, (3) Tujuan memberikan pendidikan Al-qur‟an, (4) Metode yang digunakan, (5) Peran orang tua. Kemudian dilihat dari faktor pendukung yang mempengaruhi : (1) Lingkungan sekitar (2) Tingkat kereligiusan keluarga petani, sedangkan untuk faktor pendukung yang mempengaruhi : (1) Pendidikan orang tua, (2) Pekerjaan/ekonomi orang tua, dan (3) Kegiatan anak.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Lia Indria Lia Indriani Lia Indriani
Date Deposited: 03 Jul 2020 02:13
Last Modified: 03 Jul 2020 02:13
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14347

Actions (login required)

View Item View Item