EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pada Perusahaan Batu Bata Sacipto di Sungai Tabuk Kabupaten Banjar

Muhammad, Aminuddin (2020) Penerapan Sistem Informasi Akuntansi Pada Perusahaan Batu Bata Sacipto di Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
1. PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN as.pdf

Download (132kB)
[img] Text
2. AWAL .pdf

Download (1MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (186kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (238kB)
[img] Text
5. BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (826kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (110kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (517kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (197kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Batu Bata Sacipto di Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. Perusahaan batu bata sacipto di Sungai Tabuk yang didirikan sejak tahun 2010 oleh Bapak Sacipto ini, bergerak di bidang pengolahan tanah liat menjadi batu bata untuk pembangunan rumah, gedung dan sebagainya. Di mana selama beberapa tahun berdiri perusahaan belum mampu mencapai target penjualan dan bahkan beberapa bulan ini cenderung mengalami penurunan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan sistem informasi akuntansi dan kendala-kendala yang ada pada Perusahaan batu bata sacipto di Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif, yaitu penulis meneliti dan mengumpulkan data secara langsung tentang objek penelitian di lapangan secara faktual dan cermat. Penelitian ini bertempat di Jl.Martapura Lama Km.14 Rt.01 Desa Gudang Tengah, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara dan dokumenter dan analisis data dengan menggunakan metode deskriptif. Berdasarkan penelitian yang penulis dapat, maka penulis dapat menarik kesimpulan bahwa penerapan sistem informasi akuntansi pada Perusahaan Batu Bata Sacipto di Sungai Tabuk Kabupaten Banjar. Belum tersistem dengan baik. Berdasarkan data-data yang dikumpulkan, proses dalam pencatatan data dilakukan apabila suatu transaksi penjualan terjadi. Pencatatan dilakukan secara sederhana namun dapat dipahami dan dimengerti. Perusahaan diklasifikasikan menjadi perusahaan dagang dan manufaktur. Keuntungan hasil laba yang telah diperoleh dari penjualan batu bata tersebut dicatat dan dihitung dengan modal awal dan pengeluaran. Dari segi syariahnya sesuai dengan al-Qur’an surah al-Baqarah ayat 282. Adapun kendala dalam penerapan sistem informasi akuntansi. Pencatatan yang dilakukan belum sesuai dengan standar pencatatan keuangan untuk perusahaan. Belum pernah memperhitungkan penyusutan atas aktiva yang dimiliki. Tidak adanya aplikasi pendukung dalam proses keuangannya. Rendahnya pengetahuan (intelektual) Sumber Daya Manusia. Perusahaan belum melakukan pengendalian terhadap kas perusahaan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Depositing User: Muhamad Abdi Noor Riza
Date Deposited: 07 Jul 2020 03:23
Last Modified: 07 Jul 2020 03:23
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14379

Actions (login required)

View Item View Item