EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengaruh Harga dan Kualitas Terhadap Pendapatan Petani Karet di Desa Lok Tamu Haur Kuning Kecamatan Mataraman

Alfiani, Arni Nur (2020) Pengaruh Harga dan Kualitas Terhadap Pendapatan Petani Karet di Desa Lok Tamu Haur Kuning Kecamatan Mataraman. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (231kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (86kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (372kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (429kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (586kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (90kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

ABSTRAK

Pengembangan sektor pertanian yang didukung oleh kualitas sumber daya manusia yang mampu memanfaatkan sumber daya alam. Sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan salah satunya adalah tanaman karet. Pendapatan merupakan salah satu faktor penentu untuk mengukur kemampuan ekonomi masyarakat. Pendapatan petani karet setiap tahunnya tidak menentu, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu diantaranya seperti harga jual karet yang rendah dan tidak menentu (fluktuasi) dan kualitas karet yang kurang bagus. Penelitian ini berjudul pengaruh harga dan kualitas terhadap pendapatan petani karet di Desa Lok Tamu Haur Kuning Kecamatan Mataraman, memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui dan menjelaskan pengaruh harga dan kualitas terhadap pendapatan petani karet di Desa Lok Tamu Haur Kuning Kecamatan Mataraman. Dalam penelitian ini metode pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan kuesioner dengan skala likert. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh petani karet di Desa Lok Tamu Haur Kuning yang berjumlah 60 kepala keluarga. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dengan penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 52 kepala keluarga petani. Teknik analasis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai variabel harga memiliki nilai thitung > nilai ttabel (3,128 > 1,677) dengan tingkat signifikansi 0,003 < 0,05 yang artinya variabel harga berpengaruh terhadap pendapatan petani karet di Desa Lok Tamu Haur Kuning Kecamatan Mataraman. Sementara variabel kualitas memiliki nilai thitung > ttabel (2,547 > 1,677) dengan tingkat signifikan 0,014 < 0,05 yang artinya variabel kualitas berpengaruh terhadap pendapatan petani karet di Desa Lok Tamu Haur Kuning Kecamatan Mataraman.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 17 Jul 2020 07:08
Last Modified: 17 Jul 2020 07:08
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14553

Actions (login required)

View Item View Item