EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Nilai-Nilai Sufistik Dalam Novel Makrifat Cinta Karya Candra Malik

Muslimah, Muslimah (2020) Nilai-Nilai Sufistik Dalam Novel Makrifat Cinta Karya Candra Malik. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (227kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (135kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (342kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (267kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (248kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (68kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (150kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (104kB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertolak pada perkembangan tasawuf yang tetap bertahan sampai saat ini dalam arus modernisasi dan globalisasi. Hal ini terlihat oleh berkembangannya pengajaran tasawuf selama ini yang bersifat konvensional yang mengandalkan kajian teoritis dan monoton maka perlu sebuah pendekatan yang lebih sesuai dengan tuntutan zaman dan lebih diminati dari berbagai kalangan baik kaum tua maupun kaum muda. Maka peneliti merasa perlu mengkaji lebih mendalam lagi melalui karya sastra seperti novel Makrifat Cinta yang ditulis oleh Candra Malik yang dimaksudkan untuk mendekatkan pesan tasawuf kepada masyarakat. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini dibagi menjadi dua bagian pertama, bagaimana isi novel Makrifat Cinta Karya Candra Malik. Kedua, nilai sufistik apa saja yang terkandung dalam novel Makrifat Cinta Karya Candra Malik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan isi novel Makrifat Cinta karya Candra Malik. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai sufistik yang terdapat dalam novel Makrifat Cinta Karya Candra Malik. Penelitian ini merupakan penelitian pustaka (library research) dengan pendekatan kualitatif. Data yang diambil dari novel karangan Candra Malik dengan judul Makrifat Cinta sebagai sumber formal. Adapun literatur-literatur lain yang berhubungan dengan rumusan masalah merupakan sumber sekunder. Analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis isi (content analysis) dan interpretasi dengan metode deskriptif. Hasil penelitian ini mencakup dua hal. Pertama, mengenai isi novel dan kedua, mengenai nilai-nilai tasawuf. Isi novel ini, baik secara intrinsik maupun secara ekstrinsik. Adapun nilai-nilai sufistik yang terkandung dalam novel ini mencakup dua hal, yaitu nilai tasawuf falsafi dan nilai tasawuf amali. Nilai-nilai sufistik yang terkandung dalam novel Ini adalah nilai-nilai tasawuf falsafi dan tasawuf amali. Nilai-nilai tasawuf falsafi mencakup: fana’ dan baqa’, hulul, wahdatul wujud, dan al-isyraqiah. Adapun nilai-nilai tasawuf amali yang terkandung dalam novel ini adalah nilai-nilai: taubat, dzikir, tafakkur, zuhud, sabar dan syukur, shiddiq (jujur), taqwa, tawakkal, khauf dan raja’, mahabbah, ma’rifah.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 10 Aug 2020 00:41
Last Modified: 10 Aug 2020 00:41
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14616

Actions (login required)

View Item View Item