EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Genosida Dalam Komik Footnotes in Gaza: Analisis Semiotika Charles S. Peirce

Budiman, Arief (2019) Genosida Dalam Komik Footnotes in Gaza: Analisis Semiotika Charles S. Peirce. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.

[img] Text
1 Pernyataan.pdf

Download (161kB)
[img] Text
2 Awal.pdf

Download (453kB)
[img] Text
3 Abstrak.pdf

Download (11kB)
[img] Text
4 BAB I.pdf

Download (207kB)
[img] Text
5 BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (721kB)
[img] Text
6 BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7 BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8 BAB V.pdf

Download (20kB)
[img] Text
9 Daftar Pustaka.pdf

Download (91kB)
[img] Text
10 Lampiran.pdf

Download (20MB)

ABSTRAK

Arief Budiman, 1201431393: Genosida Dalam Komik Footnotes in Gaza: Analisis Semiotika Charles S. Peirce, Dr. Irfan Noor, M.Hum dan Drs. Abdul Sani, M.Pd. Kata Kunci: Komik, Footnotes in Gaza, Genosida, dan Semiotika Riset ini bermula dari pandangan terhadap salah satu tema yang sering kali luput dalam sorotan kajian keilmuan yakni tentang komik. Komik yang merupakan media komunikasi populer seringkali hanya dipandang sebagai bacaan yang tidak serius, serta hanya untuk lucu-lucuan. Padahal dalam perkembangannya, komik telah menjadi wadah (media) yang muatannya sangat serius, bahkan menjadi alternative dari sebuah karya jurnalisme, sebagaimana komik footnotes in Gaza. Footnotes in Gaza adalah buah karya seorang jurnalis bernama Joe Sacco yang menceritakan tema tentang konflik Israel-Palestina. Meskipun secara lebih mendalam, narasi yang lebih khusus disajikan oleh Sacco adalah tentang genosida yang pernah terjadi di dua kota di Jalur Gaza pada tahun 1956, yakni Khan Yunis dan Rafah. Riset ini menjadi perlu untuk dilakukan berdasarkan pada rumusan masalah, yakni bagaimana genosida yang terjadi di Jalur Gaza berdasarkan bahasa visual komik dalam komik Footnotes in Gaza, serta bagaimana analisis semiotika Peirce mengungkap tanda-tanda yang ada pada komik Footnotes in Gaza memiliki makna yang mencirikan sebagai genosida. Untuk menjawab masalah-masalah yang telah dirumuskan, penulis melakukan penelitian berdasarkan data kepustakaan (library research) melalui data-data yang diambil dari buku footnotes in Gaza sebagai data primer, serta berbagai data lainnya seperti buku-buku tentang teori komik, genosida, dan semiotika yang dikhususkan pada konsepsi Peirce yang dijadikan sebagai data sekunder. Data-data tersebut dikumpulkan dan kemudian diklasifikasi berdasarkan relevansi dan sumbangsih terhadap kajian ini. Selanjutnya melakukan analisis berdasarkan semiotika Peirce terhadap komik Footnotes in Gaza mengenai tanda-tanda yang menjelaskan bentuk genosida. Hasil temuan dalam penelitian ini menjelaskan tentang tanda genosida yang ada pada komik Footnotes in Gaza berdasarkan pengungkapan tanda melalui relasi triadic semiotika Peirce dengan jenis tanda berdasarkan icon, index, dan symbol. Adapun tanda-tanda tersebut telah diidentifikasi dan diinterpretasikan tentang genosida berdasarkan gambaran dalam komik mengenai: pertama, adanya target khusus untuk dibunuh; kedua, posisi korban sama sekali tidak bisa melawan; ketiga, tujuan untuk melakukan penghancuran secara total dan menyeluruh; dan keempat puncak pencapaian dilakukannya genosida dengan memastikan adanya tindakan dengan tujuan eliminasi fisik dan mental.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 10 Aug 2020 06:37
Last Modified: 10 Aug 2020 06:37
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14632

Actions (login required)

View Item View Item