EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Ganda Perempuan dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga di Kelurahan Barabai Darat Kecamatan Barabai

Rahmi, Rizki Aulia (2020) Peran Ganda Perempuan dalam Meningkatkan Pendapatan Keluarga di Kelurahan Barabai Darat Kecamatan Barabai. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN RAHMI.pdf

Download (206kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (434kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (467kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (621kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (96kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (149kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh semakin maraknya perempuan yang menjalani peran ganda. Perempuan yang menjalani peran ganda harus membagi tugasnya menjadi ibu rumah tangga sekaligus tulang punggung keluarga. Hal demikian juga terjadi di Kelurahan Barabai Darat Kecamatan Barabai, tingginya tuntutan untuk memenuhi kebutuhan hidup mengharuskan perempuan tersebut untuk bekerja. Keseimbangan dalam menjalani peran tersebut tentu sangatlah penting, jika tidak maka akan terjadi konflik baik itu untuk perempuan itu sendiri atau orang lain. Tujuan penelitian adalah: (1) Mengetahui peran ganda perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga di Kelurahan Barabai Darat Kecamatan Barabai. (2) Mengetahui kendala perempuan yang menjalani peren ganda dalam meningkatkan pendapatan keluarga di Kelurahan Barabai Darat Kecamatan Barabai. Jenis penelitian menggunakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriftif kualitatif. Lokasi penelitian terletak di Kelurahan Barabai Darat Kecamatan Barabai. Subjek dalam penelitian ini adalah perempuan yang menjalani peran ganda dengan kondisi mengalami perceraian, suami tidak bekerja, dan suami meninggal dunia. Objek dalam penelitian ini adalah peran dan kendala perempuan dalam menjalani peran ganda untuk meningkatkan pendapatan keluarga di Kelurahan Barabai Kecamatan Barabai. Data yang ditemukan dalam penelitian ini adalah identitas, peran, dan kendala informan. Sumber data tersebut berasal informan itu sendiri, informasi dari Kantor Kelurahan dan Ketua RT, serta literatur buku, jurnal, dan informasi di internet. Metode pengumpulan data menggunakan teknik wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Teknik analisis data melalui tahap reduksi data, penyajian data, serta kesimpulan dan evaluasi. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Perempuan yang menjalani peran ganda terdapat meningkatkan pendapatan keluarga dan peningkatan tersebut dapat dilihat dari terpenuhinya kebutuhan primer oleh 16 perempuan, meskipun hanya 7 dari 16 perempuan saja yang mampu memenuhi kebutuhan sekunder. (2) Perempuan yang menjalani peran ganda, 2 dari 16 perempuan terkendala dari segi pembagian waktu, 1 dari 16 perempuan terkendala dalam mengurus anak, 2 dari 16 perempuan terkendala oleh lingkungan sosial, 8 dari 16 perempuan terkendala oleh kesehatan kesehatan, dan 9 dari 16 terkendala oleh perekonomian.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 08 Sep 2020 00:58
Last Modified: 08 Sep 2020 00:58
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14752

Actions (login required)

View Item View Item