EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pemikiran Tasawuf Akhlaki dalam Kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim karangan KH Hasyim Asy’ari

Munsi, Laili (2020) Pemikiran Tasawuf Akhlaki dalam Kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim karangan KH Hasyim Asy’ari. Tesis, Pasca Sarjana.

[img] Text
1. PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (218kB)
[img] Text
2. Awal.pdf

Download (726kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (366kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (871kB)
[img] Text
5. BAB II .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (645kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (616kB)
[img] Text
7. BAB IV .pdf

Download (738kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (368kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (396kB)
[img] Text
10. LAMPIRAN.pdf

Download (186kB)

ABSTRAK

Penelitian ini adalah pemikiran tasawuf akhlaki dalam Kitab Adab al-‘Alim wa al- Muta’allim karangan KH Hasyim Asy’ari. Penelitian ini beranjak dari keingin tahuan penulis terhadap pemikiran tasawuf akhlaki dalam Kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim karangan KH Hasyim Asy’ari. Berdasarkan hal tersebut di atas, maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemikiran tasawuf akhlaki dalam kitab Adab al-‘Alim wa al-Muta’allim karangan KH. Hasyim Asy’ari dapat disimpulkan, bahwa: 1) Ulama yang mengamalkan ilmunya, yang baik budi pekertinya, dan bertakwa dengan tulus hanya karena Allah Ta’ala. 2) Murid bersih hatinya, lurus niatnya, menggunakan masa mudanya dengan sebaik-baiknya, sabar orangnya, menggunakan waktunya dengan hal yang bermanfaat, bersikap wara’, dan meninggalkan pergaulan yang bukan mahramnya. 3) Memilih guru yang patut diteladani, bersungguh-sungguh mencari guru yang patut, patuh terhadap guru, memandang guru dengan hormat, tahu hak-hak guru dan tidak lupa kemuliaannya. 4) Belajar yang sifatnya fardhu ‘ain terlebih dahulu, mempelajari Al-Qur’an guna memperkuat keilmuan yang sifatnya fardhu ‘ain, tidak boleh mempersoalkan perbedaan pendapat para ulama, mentelaah ilmu sebelum menghafalnya. 5) Selalu merasa diawasi oleh Allah, senantiasa takut kepada Allah di setiap keadaan, selalu tenang, wara’, tawadhu, dan khusu kepada Allah, memasrahkan semua urusan kepada Allah. 6) Bersuci terlebih dahulu sebelum mengajar, berdo’a sebelum mengajar, berucap salam, berada ditempat yang terlihat oleh semua murid, memandang murid dengan pandangan yang diperlukan, membaca Al-Qur’an sebelum memulai pelajaran, mendahului pelajaran yang lebih penting atau manfaat. 7) Mengajar dengan tujuan mendapatkan ridha Allah, menghindari sikap tidak mau mengajari murid yang nakal, mendekatkan murid kepada perihal terpuji, mempermudah bahasa dalam memahamkan murid, bersemangat dalam mengajar, mengulang-ulang pelajaran yang sudah dipelajari, memberikan nasehat perihal belajar kepada murid. 8) Mempunyai buku pelajaran yang dibutuhkan, tidak keberatan meminjamkan buku kepada temannya, meletakkan buku di tempat yang layak, memeriksa buku dengan teliti pada bagian depan, belakang, tengah, susunan bab dan kertasnya, serta dalam menyalin tulisan dari buku-buku yang berisi ilmu-ilmu syariat, hendaknya dalam keadaan suci, menghadap kiblat, badan dan pakaian bersih, dengan menggunakan tinta yang suci.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Raisya Hani Syanie
Date Deposited: 17 Sep 2020 00:31
Last Modified: 17 Sep 2020 00:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14804

Actions (login required)

View Item View Item