EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Problematika Penggunaan Aplikasi Raport Digital (ARD) oleh Wali Kelas di MI TPI Keramat Banjarmasin Timur

Ilmi, Bahrul (2020) Problematika Penggunaan Aplikasi Raport Digital (ARD) oleh Wali Kelas di MI TPI Keramat Banjarmasin Timur. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (313kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (557kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (705kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (206kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (903kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (188kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Perkembangan teknologi di era sekarang sudah semakin canggih, bahkan penilaian akhir semester bagi siswa sudah bisa diinput secara online melalui Aplikasi Raport Digital. Wali kelas di MI TPI Keramat Banjarmasin Timur juga sudah menggunakan Aplikasi Raport Digital dalam penginputan nilai siswa. Namun, masih banyak wali kelas yang mengalami kesulitan dalam pengisian Aplikasi Raport Digital (ARD). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan dan peran Aplikasi Raport Digital (ARD) serta mengetahui factor pendukung dan factor penghambat yang dialami Wali Kelas ketika menggunakan Aplikasi Raport Digital (ARD. Untuk menganalisis penelitian ini maka digunakan teori tentang definisi Aplikasi Raport Digital dan problematika yang dihadapi oleh wali kelas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah enam Wali kelas di MI TPI Keramat Banjarmasin Timur. Objek penelitian ini adalah problematika penggunaan Aplikasi Raport Digital (ARD) oleh Wali Kelas di MI TPI Keramat Banjarmasin Timur. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumenter. Data yang telah diperoleh kemudian diolah melalui teknik editing, koding dan klasifikasi hingga akhirnya bisa dianalisis dan disajikan. Hasil temuan dalam penelitian ini adalah 1) Aplikasi Raport Digital digunakan oleh guru kelas untuk menginput nilai siswa dengan penilaian kognitif, afektif dan psikomotorik secara otomatis, sehingga lebih memudahkan guru dalam mengisi raport di setiap semesternya. Namun, ketika penggunaanya ternyata masih banyak guru yang mengalami kesulitan, seperti kesulitan login ke aplikasinya, susah sinyal dan aplikasi yang error; 2) Penggunaan Aplikasi Raport Digital dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu faktor pendukung dan faktor penghambat. Faktor yang mendukung penggunaan Aplikasi Raport Digital adalah jaringan WIFI di sekolah, karena ARD hanya bisa diakses menggunakan WIFI. Sedangkan faktor yang menghambat penggunaan ARD, diantaranya adalah ARD hanya bisa diakses pada waktu pembagian raport saja; kurangnya wawasan guru mengenai teknologi dan informasi; aplikasi yang sering error; dan karakter guru yang terbiasa lambat dalam menyelesaikan raport sehingga bisa merepotkan guru yang lainnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: HARIS PADI HARIS PADILLAH HARIS PADILLAH
Date Deposited: 13 Oct 2020 00:58
Last Modified: 13 Oct 2020 00:58
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14822

Actions (login required)

View Item View Item