EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembelajaran Fiqih Ibadah di Sekolah MTs Ath Thohiriyah Batakan Kecamatan Panyipatan Kabupaten Tanah Laut

Erna, Erna (2020) Pembelajaran Fiqih Ibadah di Sekolah MTs Ath Thohiriyah Batakan Kecamatan Panyipatan Kabupaten Tanah Laut. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (220kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (526kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (685kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (332kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (507kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (307kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (407kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Pembelajaran merupakan sesuatu yang tidak pernah berakhir sejak manusia ada. Maka dari itu proses pembelajaran itu harus diisi dengan pembelajaran yang sangat berguna untuk kehidupan sehari-hari serta diisi dengan pembelajaran yang bermanfaat untuk kehidupan yang akan datang, salah satunya seperti pembelajaran fiqih ibadah. Sekolah MTs Ath Thohiriyah Batakan merupakan suatu lembaga pendidikan formal, yang melaksanakan pembelajaran fiqih ibadah, pembelajaran fiqih ibadah merupakan bagian dari pembelajaran Pendidikan Agama Islam yang diarahkan untuk menyiapkan peserta didik yang lebih baik, juga mengarahkan dalam memahami, menghayati dan mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pembelajaran fiqih ibadah di sekolah MTs Ath Thohiriyah Batakan khususnya salat dan zakat pada kelas VII A dan VIII A yang meliputi tentang perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Serta untuk mengetahui faktor penghambat dan solusi faktor tersebut dalam pembelajaran fiqih ibadah di sekolah MTs Ath Thohiriyah Batakan. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang bertujuan dengan terjun kelapangan untuk menggali dan mengumpulkan sejumlah data yang diperlukan mengenai Pembelajaran Fiqih Ibadah di Sekolah MTs Ath Thohiriyah Batakan yang melipu tentang pembelajaran fiqih ibadah dan faktor penghambat serta solusinya. Penelitian ini mengunakan metode kualitatif yaitu pendekatan penelitian mengunakan pendekatan sejarah dan antropologi. Objek dalam penelitian ini adalah Pembelajaran Fiqih Ibadah, sedangkan yang menjadi subjek penelitian adalah 1 orang guru Pendidikan Agama Islam Khusunya guru fiqih dan 47 peserta didik di Sekolah MTs Ath Thohiriyah Batakan. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya diproses melalui editing, Klasifikasi, Interprestasi, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa Pembelajaran Fiqih Ibadah di Sekolah MTs Ath Thohiriyah Batakan Kecamatan Panyipatan Kabupaten Tanah Laut sudah terlaksana, mulai dari perencanaan, pelaksnaan, evaluasi dan penutup. hanya saja ada beberapa faktor penghambat yaitu faktor siswa, sarana prasarana dan waktu. Meskipun terdapat beberapa faktor penghambat, dilihat dari keadaannya sudah dapat dikatakan cukup baik, untuk meningkatkan pembelajaran fiqih ibadah di sekolah MTs Ath Thohiriyah Batakan Kecamatan Panyipatan Kabupaten Tanah Laut.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Maulida Maulida Fitria Fitria
Date Deposited: 13 Nov 2020 01:36
Last Modified: 13 Nov 2020 01:36
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14893

Actions (login required)

View Item View Item