EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Fikih Fathul Qorib di Madrasah Islamiyah Darussalamah Bangun Jaya Martapura

Shopa, Nur (2020) Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Fikih Fathul Qorib di Madrasah Islamiyah Darussalamah Bangun Jaya Martapura. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (79kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (294kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (77kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (157kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (222kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (202kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (97kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (25MB)

ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran kitab fikih fathul qorib di Madrasah Islamiyah Darussalamah Bangun Jaya Martapura dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan pembelajaran kitab fikih fathul qorib di Madrasah Islamiyah Darussalamah Bangun Jaya Martapura. Penelitian ini dilakukan dengan mengkaji fenomena yang terjadi dilapangan, sehingga penelitian ini diharapkan dapat memberikan suatu gambaran yang utuh dan teroganisir dengan baik mengenai pelaksanaan pembelajaran fikih fathul qorib dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu suatu penelitian yang ditujukan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya diproses melaluivalidasi keabsahan data, penyajian data dan menarik kesimpulan, selanjutnya kesimpulan dianalisis secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran kitab fikih Fathul Qorib di Madrasah Islamiyah Darussalamah Bangun Jaya Martapura diajarkan oleh seorang guru yang mempunyai pengalaman lebih dari 10 tahun. Pembelajaran dimulai dengan membaca bismillah dan memuji Allah serta bershalawat kepada Rasulullah, dilanjutkan dengan mengulang kembali materi sebelumnya dengan tujuan mengingatkan kembali pemahaman santri. Penyampaian materi fikih, Guru menggunakan bahasa daerah setempat. Pelaksanaan pembelajaran di Madrasah Islamiyah Darussalamah Bangun Jaya Martapura menunjukkan proses belajar satu arah, materi sering diulang-ulang, di mana guru lebih aktif dari pada santri, tidak ada percakapan antara guru dengan santri dan sesekali ada tanya jawab jika ada santri yang tidak mengerti. Faktor pendukung dan penghambat dari pelaksanaan pembelajaran kitab fikih fathul qorib diantaranya pada saat memasuki bab pelajaran yang sulit dimengerti, maka banyak santri yang tidak memahami dan diam tidak berani bertanya. Pelajaran kitab fikih fathul qorib disampaikan berupa tulisan arab gundul, atau tulisan arab yang tidak ada tanda bacanya, sehingga hal ini menyulitkan santri jika telat menyimak atau tidak menyimak ketika guru membacakan, serta timbulnya kejenuhan bagi santri dalam belajar kitab karena seringnya diulang-ulang. Sementara solusi yang dilakukan oleh guru pengajar, diantaranya dengan menyuruh siswa untuk bertanya pada materi yang tidak dipahami, memberikan cerita-cerita kiasan sehingga mudah dimengerti oleh santri. Serta mengurangi durasi megulang materi diganti dengan sesi tanya jawab sehingga santri mudah untuk interaktif dan memahami materi yang dibahas.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NUR KAMARI NUR KAMARIAH NUR KAMARIAH
Date Deposited: 27 Nov 2020 02:10
Last Modified: 27 Nov 2020 02:10
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14940

Actions (login required)

View Item View Item