EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Strategi Pendistribusian Zakat melalui Program Banjar Peduli di BAZNAS Kabupaten Banjar

Aliyah, Jannatul (2020) Strategi Pendistribusian Zakat melalui Program Banjar Peduli di BAZNAS Kabupaten Banjar. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (161kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (904kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (87kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (146kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (274kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (10kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Penelitian ini di latar belakangi oleh strategi pendistribusian zakat melalui program Banjar peduli di BAZNAS Kabupaten Banjar karena dalam proses pendistribusian diperlukan cara-cara yang strategis agar zakat dapat tersalurkan tepat sasaran kepada para mustahik. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui strategi pendistribusian zakat melalui program Banjar Peduli di BAZNAS Kabupaten Banjar, dan mengetahui kendala-kendala dalam mendistribusikan zakat melalui program Banjar Peduli di BAZNAS Kabupaten Banjar. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif menghasilkan data deskriptif, pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dengan pegawai BAZNAS Kabupaten Banjar dan dokumentasi, kemudian hasil wawancara tersebut dapat dianalisis oleh penulis dan akhirnya bisa dibuat kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian bahwa strategi pendistribusian zakat melalui program Banjar peduli di BAZNAS Kabupaten Banjar, strategi yang dipakai mengikuti alur pendistribusian seperti yang tertera di SOP yaitu melalui tahap survei dan verifikasi. Kemudian BAZNAS menggunakan strategi kerjasama dengan pihak ketiga yaitu Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) Dinas Sosial, pejabat desa/lurah, relawan, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di masing-masing kecamatan. Pihak ketiga dilibatkan untuk melakukan survei dan verifikasi terkait kebenaran dan kelayakan calon mustahiq untuk menerima zakat agar bantuan dapat disalurkan tepat sasaran. Metode yang dipakai dalam mendistribusikan zakat adalah metode yang bersifat langsung dan yang bersifat tidak langsung. Kendala yang dihadapi oleh BAZNAS Kabupaten Banjar dalam mendistribusikan zakat yaitu: (a). Kendala Internal: ketersediaan dana zakat yaitu tidak cukupnya dana yang tersedia di BAZNAS jika terdapat banyak santunan. (b). Kendala Eksternal: kebenaran data mustahik yaitu kebenaran data yang diterima oleh BAZNAS, keterlambatan data mustahiq yaitu terkait dengan santunan insidentil yang perlu penanganan cepat, lokasi yang jauh yaitu lokasi yang susah dijangkau.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Depositing User: Jannatul Aliyah Jannatul Aliyah
Date Deposited: 03 Dec 2020 01:18
Last Modified: 03 Dec 2020 01:18
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14961

Actions (login required)

View Item View Item