EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Problematika Penyiaran Islam Jamaah Majelis Taklim Nurul Iman Desa Kebun Raya Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut

Hati, Umi Mulia (2020) Problematika Penyiaran Islam Jamaah Majelis Taklim Nurul Iman Desa Kebun Raya Kecamatan Kintap Kabupaten Tanah Laut. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (159kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (985kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (9kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (561kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (139kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (505kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (124kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (494kB)

ABSTRAK

Latar belakang penulisan skripsi ini dilandasi pemikiranbahwa kehadiran jamaah terutama dikalangan jamaah perempuan yang mana kehadirannya sangat sedikit dibandingkan jamaah laki-laki mengingat Majelis Taklim Nurul Iman ini telah terlaksana sekitar tujuh tahun namun tidak ada sampai saat ini peningkatan untuk jamaah perempuan danmengetahui materi yang disampaikan serta penyebab problematika penyiaran Islamdi majelis taklim Nurul Iman desa Kebun raya kecamatan Kintap kabupaten Tanah laut, yang dimana kehadiran jamaah di majelis taklim sangatlah penting untuk menambah keimanaan dan ketaqwaan kepada Allah SWT. Masalah yang dihadapi di desa Kebun raya ini mengacu pada kehadiran jamaah terutama dikalangan jamah perempuan yang mana tingkat kehadirannya sangat sedikit dibandingkan jamaah laki-laki dimajelis Taklim Nurul Iman yang terletak di desa kebun raya kecamatan Kintap kabupaten Tanah Laut. Jenis penelitian yang penulis gunakan ini merupakan penelitian lapangan (field research), dengan pendekatan kualitatif. Penulis mengumpulkan data dengan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data penulis menggunakan cara deskriftif kualitatif terhadap data yang disajikan sehingga permasalahan dapat tergambar antara hubungan yang satu dengan yang lainnya. Hasil dari penelitian yang dilakukan penulis adalahpertama,Materi yang disampaikan menggunakan kitab Safinatun najah yang ditulis oleh Salim bin Suair al-hadrami. Namun dalam penjelasan kitab tersebut tidak memuat materi tentang akhlak hanya memuat dasar-dasar ilmu fiqih dan aqidah maka dari itu adanya kekurangan dalam penyampaian materi di mejelis taklim Nurul Iman desa Kebun raya kecamatan Kintap kabupaten Tanah laut.Kedua, Melalui proses wawancara dan observassi dapat diketahui penyebab problematika penyiaran Islam dimajelis Taklim Nurul Iman desa Kebun raya yaitu penggunaan Bahasa Indonesia bagi komunikator saat penyiaran Islam berlangsung agar lebih dimengerti oleh jamaah terutama kepada jamaah lansia (lanjut usia) agar tidak terjadinya kesalah pahaman saat penyiaran Islam berlangsung, waktu yang digunakan pada malam hari sehingga sulit bagi jamaah perempuan yang memiliki balita untukberhadir dan kesibukan seperti membantu suami bekerja di kebun karet pada siang hari juga megurus pekerjaan dirumah dan waktu malam mereka gunakan untuk beristirahat.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RATU NOOR RATU NOOR KHALIDAH RATU NOOR KHALIDAH
Date Deposited: 04 Jan 2021 00:06
Last Modified: 04 Jan 2021 00:06
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15077

Actions (login required)

View Item View Item