EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

KERJASAMA INFORMASI DAN JARINGAN PERPUSTAKAAN

Fitriah, Habibah (2020) KERJASAMA INFORMASI DAN JARINGAN PERPUSTAKAAN. Universitas Islam Negeri Antasari Banjarmasin, Banjarmasin.

[img] Text
kerjasama informasi dan jaringan perpustakaan.pdf

Download (144kB)

ABSTRAK

Satu hal yang perlu dipahami dari perpustakaan adalah tidak adanya perpustakaan yang lengkap, meski memiliki ribuan bahkan jutaan koleksi dan gedung yang besar dan mewah sekalipun karena sesungguhnya tidak satu pun perpustakaan yang dapat memenuhi seluruh kebutuhan informasi penggunanya. Untuk melengkapinya, salah satu caranya adalah dengan jalinan kerja sama yang melibatkan perpustakaanperpustakaan yang selanjutnya nanti dapat disebut sebagai jaringan kerja sama. Kerjasama perpustakaan adalah kerjasama antara dua perpustakaan atau sistem perpustakaan atau lebih dengan tujuan menyediakan materi perpustakaan bagi pemakai. Kerjasama ini didasarkan atas prinsip mendayagunakan koleksi bersama serta saling menguntungkan. Kerjasama mencakup berbagai kegiatan seperti pinjam antar perpustakaan, pengadaan bersama, penyimpanan, pengolahan bersama dll. Istilah jaringan perpustakaan,dapat juga diartikan sebagai sistem hubungan antar perpustakaan, yang diatur dan disusun berdasarkan persetujuan, yang memungkinkan komunikasi dan pengiriman secara terus menerus sumber daya informasi. Selain itu, jaringan perpustakaan dapat berupa pertukaran keahlian, menurut jenis dan tingkat yang telah disepakati. Jaringan ini biasanya berbentuk organisasi formal, terdiri atas dua perpustakaan atau lebih, dengan tujuan yang sama. Untuk mencapai tujuan tersebut, disyaratkan untuk menggunakan teknologi telekomunikasi dan komputer atau TI. Dengan menjalin kerjasama dan jaringan perpustakaan maka diharapkan perpustakaan dapat meningkatkan layanan terhadap penggunanya karena sebesar apapun perpustakaan belum tentu dapat memenuhi kebutuhan penggunanya.

Item Type: Other
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Depositing User: Dr Ahdie Anwary
Date Deposited: 07 Jan 2021 03:26
Last Modified: 07 Jan 2021 03:26
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15098

Actions (login required)

View Item View Item