EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Persepsi Orang Tua dan Anak Dalam Memilih Jenjang Pendidikan Pondok Pesantren di Desa Sungai Tabuk Keramat Kab.Banjar

Islamiah, Nur (2021) Persepsi Orang Tua dan Anak Dalam Memilih Jenjang Pendidikan Pondok Pesantren di Desa Sungai Tabuk Keramat Kab.Banjar. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (174kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (728kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (445kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (153kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (522kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (114kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Keputusan dalam pemilihan lembaga pendidikan Islam sangat penting bagi kelangsungan hidup untuk kedepannya pada zaman sekarang, terlebih lembaga pendidikan Islam itu adalah sebuah lembaga pendidikan pondok pesantren. Lembaga pendidikan Pondok Pesantren merupakan suatu wadah dimana pendidikan dalam ruang lingkup kesilaman melaksanakan tugasnya demi tercapainya cita-cita umat Islam dan menjadikan pribadi yang berakhlakul karimah. Keputusan memilih lembaga pendidikan Pondok Pesantren menjadi hal yang penting untuk diteliti yang mana semua itu membentuk persepsi masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menangkap bagaimana persepsi orang tua dan anak mereka terhadap lembaga pendidikan Pondok Pesantren. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan data yang digunakan adalah koleksi data, editing data dan klasifikasi data. Setelah data terkumpul, selanjutnya diproses melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan, selanjutnya dianalisis melalui tahap deskriptif.Adapun subjek penelitian ini adalah orang tua yang memiliki anak yang masih mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren dan Anak yang masih mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren. Objek penelitian adalah persepsi orang tua dan anak terhadap pemilihan pendidikan di pondok pesantren. Hasil penelitian di lapangan menunjukan bahwa: 1. Orang Tua di Desa Sungai Tabuk Keramat menganggap bahwa pendidikan Pondok Pesantren sangat penting. Orang tua yang menyekolahkan anaknya di Pondok Pesantren bertujuan agar anaknya menjadi pribadi yang berakhlakul karimah, serta berharap menjadi anak yang sholeh. Namun orang tua yang tidak memupnyai anak yang sekolah Pondok Pesantren berpandangan bahwa anak yang sekolah di Pondok Pesantren memang bagus akhlaknya namun itu bagi anak-anak yang sudah lama menetap di Pondok Pesantren. 2. Para Anak (Santri/Santriwati) di Desa Sungai Tabuk Keramat berpandangan bahwa dalam memilih lembaga pendidikan Pondok Pesantren atas dasar kemauannya sendiri dan dukungan dari orang tua mereka disertai dengan tidak adanya minat seorang anak untuk melanjutkan pendidikan sebelumnya ke lembaga pendidikan umum.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Maulida Maulida Fitria Fitria
Date Deposited: 27 Jan 2021 07:40
Last Modified: 27 Jan 2021 07:40
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15137

Actions (login required)

View Item View Item