EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pembinaan Keimanan Anak Jalanan Melalui Lembaga Sosial di Yayasan Anak Jalanan Al-Ajyb Banjarmasin

Madani, Hilmi (2021) Pembinaan Keimanan Anak Jalanan Melalui Lembaga Sosial di Yayasan Anak Jalanan Al-Ajyb Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (129kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (503kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (411kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (25kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (286kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (138kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (233kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pembinaan Iman dan taqwa Islamiah pada prinsipnya merupakan hal yang sangat esensial dalam kehidupan manusia yang hanya mampu dilakukan dengan pendekatan agama, dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta fasilitas komunikasi, ternyata sangat erat kaitannya, dapat menjawab dampak negatif tersebut. Realita menunjukkan masih banyak anak-anak terlantar, mereka tidak mempunyai kesempatan yang cukup untuk tumbuh dan berkembang secara wajar baik jasmani, rohani, maupun sosialnya. Karena itu mereka belum mampu berpartisipasi dalam pembangunan. Tantangan pertama yang dihadapi madrasah adalah kemerosotan moral pelajar dan remaja pada umumnya yang sudah sedemikian akut. Mereka yang terlibat dalam minum-minuman keras (miras), geng motor, narkoba, free sex, perkelahian sampai pembunuhan, pencurian, dan pemerasan, sudah tidak terhitung. Keringnya nilai-nilai religious menyebabkan perilaku yang tidak terkendali.Seorang anak dari lahir telah diberkahi kemampuan-kemampuan yang disebut pembawaan atau fitroh. Fitroh ini akan berkembang dengan baik, manakala didukung oleh lingkungan yang baik., dan sebaliknya fitroh ini tidak akan berkembang dengan baik manakala didukung adanya lingkungan yang kurang baik. Lingkungan ini berupa pendidikan, baik pendidikan dalam keluarga maupun pendidikan formal dan lingkungan masyarakat. Disini pentingnya pendidikan keimanan diberikan sejak dini kepada anak-anak, yaitu membiasakan mereka melaksanakan perintah Allah SWT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek dalam peneliti ini adalah pembina dan anak jalanan yang tinggal diyayasan dan yang menjadi objek penelitian ini ialah pembinaan keimanan anak jalanan. Pada pengumpulan data penulis menggunakan beberapa teknik sebagai berikut: observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian semua data yang terkumpul diproses melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi serta simpulan. Hasil dari penelitian ini adalah pembinaan keimanan anak jalanan diyayasan anak jalanan al-ajyb dengan beberapa kegiatan, membaca doa bersama, membaca Al-Quran, majelis anak jalanan, pembacaan maulid habsy, adapun kitab yang dibaca saat majelis anak jalanan adalah aqidatul awam, fiqih ibadah dan akhlak tawasuf.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: APRILIA APRILIA APRILIA
Date Deposited: 29 Jan 2021 01:50
Last Modified: 29 Jan 2021 01:50
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15165

Actions (login required)

View Item View Item