EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGARUH METODE AN NASHR TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS KELAS IV DI MIN 1 BANJAR

Fitri, Nadia (2021) PENGARUH METODE AN NASHR TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIS KELAS IV DI MIN 1 BANJAR. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
Pernyataan Keaslian Tulisan.pdf

Download (248kB)
[img] Text
Awal.pdf

Download (825kB)
[img] Text
Abstrak.pdf

Download (189kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (452kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (502kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (423kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (106kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (215kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Pembelajaran Al-Qur’an Hadis dalam pelaksanaannya masih menunjukkan adanya beberapa permasalahan, terutama dalam hal menerjemah. Metode yang digunakan guru masih menggunakan metode tradisional yaitu metode ceramah dan tanya jawab saja. Penggunaan metode An Nashr dalam pembelajaran adalah salah satu alternatif yang diharapkan dapat membantu terlaksananya pembelajaran yang diinginkan (mudah memahami dan mengingat pembelajaran, bersemangat dalam belajar dan mendapatkan hasil yang memuaskan). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan pengaruh penggunaan metode An Nashr pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis kelas IV di MIN 1 Banjar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pra-eksperimental (Pre-Experimental Designs) dengan bentuk one group pretest-posttest design. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 19 orang siswa yang terdiri dari satu kelompok yaitu kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan non tes (observasi dan dokumentasi). Teknik analisis data berupa uji persyaratan hipotesis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas, dan pengujian hipotesis data menggunakan Uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa setelah menggunakan metode An Nashr mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan dalam hasil belajar siswa yang dilihat dari selisih nilai rata-rata pretest dengan nilai posttest siswa yaitu nilai pretest 43,68 dan nilai posttest 86,32 dengan selisih nilai 42,64. Berdasarkan perhitungan dengan uji t diperoleh hasil thitung = -11,019 kemudian dibandingkan dengan ttabel sebesar -1,734. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel atau -thitung < -ttabel sehingga Ha diterima dan H0 ditolak. Dengan ditolaknya H0 dari pengujian uji t pada taraf kepercayaan 0,95, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan metode An Nashr terhadap hasil belajar Al-Qur’an Hadis di MIN 1 Banjar.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 29 Jan 2021 06:52
Last Modified: 29 Jan 2021 06:52
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15180

Actions (login required)

View Item View Item