EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Supervisi Akademik terhadap Para Pendidik PAI di SMK Negeri 1 Banjarmasin

Amelia, Risma (2021) Supervisi Akademik terhadap Para Pendidik PAI di SMK Negeri 1 Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (238kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (532kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (413kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (167kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (88kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Salah satu usaha dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia adalah melalui proses pembelajaran. Dalam usaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia, pendidik adalah komponen utama yang harus dibina dan dikembangkan secara terus menerus. Maka dari itu pentingnya dilakukan supervisi akademik sebagai proses pemberian bantuan dan layanan berupa teknik, metode, keterampilan, dan kompetensi untuk meningkatkan kinerja pendidik dalam pembelajaran, khususnya pendidik PAI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan supervisi akademik terhadap para pendidik PAI di SMK Negeri 1 Banjarmasin meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut supervisi akademik yang dilaksanakan oleh kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 1 Banjarmasin. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah dan beberapa pendidik PAI. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini mengacu pada analisis kualitatif menurut Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: penelitian yang dilakukan oleh kepala sekolah terhadap para pendidik PAI meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut. Perencanaan supervisi sudah terjadwal dan dilakukan pada bulan kedua atau ketiga setiap awal semester. Pelaksanaan supervisi ini dilakukan dengan beberapa teknik yaitu kunjungan kelas, observasi kelas, pertemuan individu, dan kunjungan antar kelas. Tindak lanjut yang dilakukan oleh kepala sekolah adalah dengan membuat rangkuman hasil supervisi kemudian memberikan pembinaan terhadap keterampilan dan sikap para pendidik. Kendala yang dialami dalam pelaksanaan supervisi akademik ini adalah terkadang tidak sesuai dengan jadwal yang telah dibuat karena kesibukan kepala sekolah. Solusi dari permasalah tersebut adalah dengan membuat ulang jadwal pelaksanaan sesuai dengan kesepakatan bersama. Pelaksanaan supervisi akademik ini memberikan dampak positif yaitu para pendidik semakin termotivasi untuk terus meningkatkan kinerja mengajarnya.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KHALIDATUL KHALIDATUL MAULIDIAH KHALIDATUL MAULIDIAH
Date Deposited: 03 Feb 2021 03:31
Last Modified: 03 Feb 2021 03:31
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15225

Actions (login required)

View Item View Item