EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pelaksanaan Pembelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al-Istiqamah Pekapuran Raya Banjarmasin

Hidayatunnisa, Hidayatunnisa (2021) Pelaksanaan Pembelajaran Fikih di Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Al-Istiqamah Pekapuran Raya Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (178kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (496kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (162kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (387kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (310kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (103kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (11kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (169kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)

ABSTRAK

Pembelajaran merupakan kegiatan nyata yang mempengaruhi peserta didik dalam situasi yang memungkinkan terjadinya interaksi antara pendidik, peserta didik dan lingkungan belajarnya untuk tercapainya tujuan yang telah ditetapkan. Pembelajaran Fikih merupakan ilmu yang penting karena dalam ilmu Fikih terdapat ketentuan dan tata cara beribadah dan muamalah. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Fikih serta faktor- faktor yang dapat mendukung dan menghambat dalam pembelajaran Fikih di MTs PP Al-Istiqamah Pekapuran Raya Banjarmasin. Jenis dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan bersifat kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 1 orang guru mata pelajaran Fikih di MTs PP Al-Istiqamah Pekapuran Raya Banjarmasin, sedangkan objek dalam penelitian ini tentang bagaimana pelaksanaan pembelajaran Fikih di MTs PP Al-Istiqamah Pekapuran Raya Banjarmasin. Pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya diproses melalui reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan, selanjutnya dianalisis melalui tahap deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pembelajaran di MTs PP Al-Istiqamah Pekapuran Raya Banjarmasin terdiri dari kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi: 1) Perencanaan pembelajaran, guru kurang memperhatikan tentang perencanaan pembelajaran, RPP, Prota, dan silabus tidak dibuat sendiri oleh guru melainkan hanya men copy paste dari Kementrian Agama. Perencanaan yang dilakukan guru hanya menggunakan bentuk gambaran dalam pikiran saja tidak tertulis dalam RPP. 2) Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan oleh guru secara fungsional sudah baik, tetapi secara teknis terletak pada rendahnya kemampuan penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi dan media pembelajaran. Metode pembelajaran yang digunakan guru adalah ceramah, tanya jawab, diskusi dan demontrasi. Guru menjelaskan materi pembelajaran dengan memberikan contoh atau ilustrasi yang berkenaan langsung dengan kehidupan sehari-hari. Hal ini membuat peserta didik lebih mudah memahami materi yang disampaikan. 3) Evaluasi, penilaian yang dilakukan oleh guru menggunakan penilaian lisan dan tulisan, ujian praktek dan keaktifan peserta didik dalam mengikuti pembelajaran dikelas.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KHALIDATUL KHALIDATUL MAULIDIAH KHALIDATUL MAULIDIAH
Date Deposited: 03 Feb 2021 01:32
Last Modified: 03 Feb 2021 01:32
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15255

Actions (login required)

View Item View Item