EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PENGGUNAAN BUKU KENDALI DALAM MENDISPLINKAN PELAKSANAAN SHALAT FARDU PADA SISWA SMK MUHAMMADIYAH 3 BANJARMASIN

Yusuf, Muhammad (2021) PENGGUNAAN BUKU KENDALI DALAM MENDISPLINKAN PELAKSANAAN SHALAT FARDU PADA SISWA SMK MUHAMMADIYAH 3 BANJARMASIN. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (174kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (917kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (793kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (803kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (212kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (563kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (443kB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya siswa yang kurang disiplin dalam melaksanakan shalat fardhu. Hal ini terjadi karenakan beberapa faktor misalnya faktor keluarga yang bermasalah, perceraian, kriminal dan hubungan keluarga yang tidak harmonis, karena faktor itulah anak-anak yang kedisiplinan dalam ibadah khususnya Shalat fardhu yang jarang mereka laksanakan karena lingkungan sekitar mereka lingkungan yang bagus, hal ini yang menyebabkan anak terpengaruh kebiasaannya menjadi buruk. Penekanan terhadapa shalat fardhu ini sangat penting untuk membangun kedisiplinan peserta didik dalam berkehidupan bermasyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) penggunaan buku kendali dalam mendisiplinkan pelaksanaan shalat fardu pada siswa SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin, 2) faktor penunjang dan penghambat dalam penggunaan buku kendali pada siswa SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan kualitatif. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X tahun ajaran 2017/2018 di SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin. Teknik penarikan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara dan dokumentasi kemudian dianalisa secara kualitatif. Penelitian ini menghasilkan temuan-temuan: Pertama: Dengan adanya buku kendali, maka siswa lebih disiplin dalam melaksanakan shalat fardhu. Hal tersebut terbukti dari jumlah siswa yang mengikuti pelaksanaan sholat fardhu secara berjamaah di sekolah yang meningkat setelah penggunaan buku kendali pelaksanaan shalat fardhu. Tidak ada lagi siswa kelas X AP 1 yang tidak mengikuti shalat zuhur berjamaah di sekolah kecuali siswi yang berhalangan karena sedang mendapatkan haid. Kedua: Faktor penunjang penggunaan buku kendali terkait dengan pendisiplinan siswa dalam melaksanakan sholat fardhu di luar sekolah adalah: 1) Kesediaan siswa untuk mengisi buku kendali, dan 2) Kerjasama dengan Kepala Sekolah dan Guru. Faktor penghambat penggunaan buku kendali terkait dengan pendisiplinan siswa dalam melaksanakan sholat fardhu di luar sekolah adalah 1) Kurangnya kesediaan orang tua atau wali siswa untuk mengisi buku kendali, 2) Keterlambatan pengumpulan Buku Kendali yang sudah diisi.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 03 Feb 2021 03:27
Last Modified: 03 Feb 2021 03:27
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15266

Actions (login required)

View Item View Item