EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Pengamalan Keagamaan Masyarakat Suku Bugis di Desa Sesulung Kecamatan Pamukan Selatan Kabupaten Kotabaru

ARHAM, ARHAM (2020) Pengamalan Keagamaan Masyarakat Suku Bugis di Desa Sesulung Kecamatan Pamukan Selatan Kabupaten Kotabaru. Skripsi, Dakwah dan Ilmu Komunikasi.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (146kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (698kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (403kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (666kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (283kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (498kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Penelitian ini dilandasi pemikiran bahwa masyarakat suku Bugis di Desa Sesulung Kecamatan Pamukan Selatan Kabupaten Kotabaru seluruhnya memeluk agama Islam, sebagai umat Islam mereka tidak hanya diperintahkan meyakini akan adanya Allah swt akan tetapi juga harus mengamalkan ibadah yang diwajibkan seperti salat wajib lima waktu, puasa Ramadhan, zakat fitrah dan naik haji. Baik atau tidaknya kualitas pengamalan keagamaan mereka tersebut tentu saja ada faktor penujang dan penghambat yang mempengaruhinya. Maka dari itu, penulis ingin mengetahui lebih jauh lagi mengenai hal tersebut melalui penelitian yang dimuat dalam sebuah skripsi. Masalah yang dirumuskan adalah bagaimana pengetahuan agama dan pengamalan keagamaan masyarakat suku Bugis di Desa Sesulung Kecamatan Pamukan Selatan Kabupaten Kotabaru serta apa saja faktor penunjang dan penghambat pengamalan keagamaan masyarakat suku Bugis di Desa Sesulung Kecamatan Pamukan Selatan Kabupaten Kotabaru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penulis terjun langsung kelapangan untuk menggali data yang diperlukan sesuai dengan masalah yang diteliti. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumenter. Data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder, yang mana sumber datanya diperoleh dari responden dan informan. Lokasi penelitian ini adalah Desa Sesulung Kecamatan Pamukan Selatan Kabupaten Kotabaru. Responden yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 20 orang masyarakat suku Bugis di Desa Sesulung Kecamatan Pamukan Selatan Kabupaten Kotabaru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan agama masyarakat suku Bugis di Desa Sesulung Kecamatan Pamukan Selatan Kabupaten Kotabaru, sebagian besar masih kurang baik dan hanya sebagian kecil yang sudah cukup baik. Pengamalan keagamaan masyarakat suku Bugis di Desa Sesulung Kecamatan Pamukan Selatan Kabupaten Kotabaru, sebagian besar sudah cukup baik dalam hal pengamalan ibadah rukun Islam, hanya sebagian kecil yang masih pilah-pilih dalam mengamalkan ibadah rukun Islam. Adapun faktor penujang dan penghambat yaitu : lingkungan, pendidikan, ekonomi dan kesadaran beragama.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Users 6417 not found.
Date Deposited: 09 Feb 2021 00:58
Last Modified: 09 Feb 2021 00:58
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15342

Actions (login required)

View Item View Item