EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Implementation of discipline attitude in the Ibtidaiyah Madrasah institution on moral children formation

Putra, Purnadi (2019) Implementation of discipline attitude in the Ibtidaiyah Madrasah institution on moral children formation. Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar, 11 (1). ISSN 2086-1362, e-ISSN: 2623-2685.

[img] Text
IMPLEMENTASI SIKAP DISIPLIN DI LEMBAGA MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) DALAM PEMBENTUKAN MORAL ANAK.pdf

Download (278kB)

ABSTRAK

Pentingnya pembentukan moral bagi anak salah satu diantaranya yaitu agar anak memiliki nilai dengan tujuan yang bermanfaat sehingga dapat diterima oleh masyarakat yang beragam. Dengan adanya tujuan pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (MI) diharapkan dapat terwujud prinsip moral secara universal seperti keadilan, kebebasan, dan persamaan setiap individu manusia serta sikap disiplin, meliputi peraturan, kebiasaan, dan hukuman. Keterkaitan antara disiplin dan moral anak di MI memiliki nilai perkembangan moral dalam menumbuhkan kepekaan, kepedulian, mengajarkan keteraturan, ketenangan, sikap percaya diri, kemandirian, keakraban, membantu perkembangan otak, dan menumbuhkan kepatuhan. Peran lembaga pendidikan dasar dalam membentuk moral menjadi pondasi awal tumbuhnya moral anak untuk dibiasakan di sekolah. Studi ini bertujuan untuk mengetahui pembentukan perilaku agar sesuai dengan peran yang ditetapkan oleh kelompok budaya, tempat individu diidentifikasikan. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan, teknik wawancara mendalam (indepth interview), dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data collection, data reduction, data display, dan conclusion. Disiplin mempunyai beberapa unsur yang harus diperhatikan dalam penerapan pada anak usia dasar (MI), meliputi peraturan, kebiasaan, dan hukuman. Manfaat disiplin bagi anak Madrasah Ibtidaiyah/MI diantaranya memiliki nilai-nilai perkembangan moral dalam menumbuhkan kepekaan, menumbuhkan kepedulian, mengajarkan keteraturan, menumbuhkan ketenangan, menumbuhkan sikap percaya diri, menumbuhkan kemandirian, menumbuhkan keakraban, membantu perkembangan otak, membantu anak yang sulit, dan menumbuhkan kepatuhan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Mr Ahdie Anwary
Date Deposited: 16 Feb 2021 06:59
Last Modified: 16 Feb 2021 06:59
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15421

Actions (login required)

View Item View Item