EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Karakteristik Penanaman Nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini di TK NU Al Anshar Banjarmasin

Janah, Raudatul (2021) Karakteristik Penanaman Nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini di TK NU Al Anshar Banjarmasin. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (364kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (494kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (187kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (362kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (326kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (512kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (206kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (307kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik penanaman nilai moral dan agama pada anak usia dini di TK NU Al Anshar Banjarmasin. Penelitian dilakukan di sekolah tersebut karena mengaitkan lembaga besar Islam di Indonesia yaitu Nahdatul Ulama yang merupakan organisasi besar yang memiliki lembaga PAUD berciri khas islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah TK NU Al Anshar Banjarmasin, objek penelitian ini adalah adalah Karakteristik Penanaman Nilai Moral dan Agama pada Anak Usia Dini di TK NU Al Anshar Banjarmasin. Pengolahan data diambil dengan cara koleksi data, editing, pengklasifikasian data dan interpretasi. Selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan karakter penanaman nilai moral dan agama sekolah ini mengajarkan terkait religiusitas, sosialitas, dan kejujuran. Terkait karakteristik penanaman nilai moral dan agama pada anak usia 2-6 tahun di TK NU Al-Anshar Banjarmasin dari segi religiusitas yaitu sekolah ini mengajarkan seperti mengetahui sifat Tuhan sebagai pencipta, mengenal ciptaan- ciptaan Tuhan, membiasakan mengucapkan kalimat pujian terhadap ciptaan Tuhan, mengenalkan rukun iman dan Islam kepada anak, doa-doa (doa sebelum dan sesudah belajar, doa sebelum dan sesudah makan, doa sebelum dan bangun tidur, doa untuk kedua orang tua), mengenal hari-hari besar agama, cara ibadah sesuai hari besar agama, tempat ibadah kepada anak kepada anak. Dari segi sosialitas yang diajarkan kepada anak yaitu perilaku baik dan santun disesuaikan dengan agama dan adat setempat, tata cara berbicara secara santun, cara berjalan melewati orang tua, cara meminta bantuan, cara menyampaikankan terima kasih setelah mendapatkan bantuan, tata cara berdoa, tata cara makan, tata cara memberi salam, cara berpakaian yang baik, terbiasa merawat kebersihan diri, tidak menyakiti diri atau teman, menghargai teman (tidak mengolok-olok), hormat pada guru dan orang tua. Dari segi kejujuran seperti terbiasa berbicara sesuai fakta, tidak curang dalam perkataan dan perbuatan, tidak berbohong, meng-hargai kepemilikan orang lain, mengembalikan benda yang bukan haknya, mengerti batasan yang boleh dan tidak boleh dilakukan, terus terang, anak senang melakukan sesuatu sesuai aturan atau kesepakatan, dan mengakui kelebihan diri atau temannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: APRILIA APRILIA APRILIA
Date Deposited: 19 Feb 2021 02:29
Last Modified: 19 Feb 2021 02:29
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15483

Actions (login required)

View Item View Item