EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Peran Dewan Guru dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa di SMAN 1 Wanaraya Kabupaten Barito Kuala

Noor, Iqbal Amalia (2021) Peran Dewan Guru dalam Membentuk Sikap Disiplin Siswa di SMAN 1 Wanaraya Kabupaten Barito Kuala. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (280kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (738kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (318kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (856kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (680kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (673kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (734kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (355kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (324kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Membentuk sikap disiplin siswa memanglah tidak mudah karena dibutuhkan kerjasama dari semua pihak terkait bukan hanya guru namun keluarga dan lingkungan tempat tinggalnya. Dalam membentuk sikap disiplin guru memiliki peran yang sangat penting karena memberikan contoh dan tauladan baik untuk para siswanya agar dapat dicontoh, karena kebanyakan siswa meniru apa yang guru lakukan. Penelitian ini mengemukakan tentang peran dewan guru dalam membentuk sikap disiplin siswa di SMAN 1 Wanaraya, dengan fokus masalah sebagai berikut: peran dewan guru dalam mendisiplinkan siswa di SMAN 1 Wanaraya Kabupaten Barito Kuala dan penerapan dewan guru dalam membentuk sikap disiplin siswa di SMAN 1 Wanaraya Kabupaten Barito Kuala. Adapun tujuan yang menjadi tujuan dalam fokus masalah tersebut ialah untuk mengetahui peran dan penerapan dewan guru dalam mendisiplinkan siswa di SMAN 1 Wanaraya Kabupaten Barito Kuala. Subjek dalam penelitian ini ialah 4 orang dewan guru di SMAN 1 Wanaraya, terdiri dari, guru matematika, guru agama, guru penjaskes dan guru bimbingan dan konseling. Penulis melakukan wawancara dan observasi terhadap dewan guru dan beberapa siswa di sekolah tersebut. Sedangkan yang menjadi objek penelitiannya adalah peran dewan guru dalam membentuk sikip disiplin siswa di SMAN 1 Wanaraya Kabupaten Barito Kuala meliputi memberikan nasihat, teladan, memberikan pembiasaan perilaku disiplin dan memberikan pengawasan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah interview (wawancara), observasi dan dokumenter. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan adalah editing, koding dan tabulating kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deksriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh penulis dapat diambil kesimpulan bahwa peran dewan guru dalam mendisiplinkan siswa di SMAN 1 Wanaraya sangat berperan aktif dalam membentuk sikap disiplin siswa yang meliputi memberikan nasihat, motivasi, memberikan keteladanan, memberikan pembiasaan perilaku disiplin dan memberikan pengawasan.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Irwandy Sy Irwandy Syahputra Irwandy Syahputra
Date Deposited: 25 Feb 2021 06:37
Last Modified: 25 Feb 2021 06:37
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15516

Actions (login required)

View Item View Item