EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

POLA ASUH PENGASUH ANAK (BABY SITTER) PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI DESA PAJUKUNGAN, KEC. BARABAI, KAB. HULU SUNGAI TENGAH)

Jannah, Farida Nurul (2021) POLA ASUH PENGASUH ANAK (BABY SITTER) PADA ANAK USIA DINI (STUDI KASUS DI DESA PAJUKUNGAN, KEC. BARABAI, KAB. HULU SUNGAI TENGAH). Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (359kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (874kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (8kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (579kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (335kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (594kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pola asuh adalah bentuk interaksi antara anak dengan pengasuh selama mengadakan kegiatan pengasuhan yang berarti pengasuh mendidik, membimbing dan mendisiplinkan serta melindungi anak untuk mencapai kedewasaan sesuai dengan norma-norma yang berlaku dalam lingkungan masyarakat. Pola asuh terbagi menajadi beberapa jenis yaitu, pola asuh demokratis, permisiv, otoriter, fathernalistik, karismatik, melebur diri, dan pelopor. Pengasuh anak (baby sitter) adalah seseorang yang berperan sebagai pengganti ibu dan baiasanya pengasuh anak (baby sitter) menggantikan peranan orang tua yang sibuk bekerja untuk mendidik, mengasuh serta merawat anak. Pola pengasuhan yang diberikan oleh pengasuh kepada anak asuhnya bisa dalam bentuk fisik maupun psikis yang tercermin dalam tutur kata, sikap, perilaku dan tindakan yang diberikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola asuh pengasuh anak (baby sitter) di Desa Pajukungan, Kec. Barbai, Kab. Hulu Sungai Tengah. Peneitian ini menggunakan pendekatan kulitatif dengan alat pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Miles and Huberman yang berupa proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Adapun pengecekan keabsahan data meliputi perpanjangan ketekunan pengamatan, triangulasi dan auditing. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan di lapangan ditemukan bahwa setiap pengasuh memiliki pola pengasuhan yang berbeda-beda. Ada yang menggunakan pola asuh demokratis, pola asuh otoriter dan pola permisif. Pola asuh demokratis yaitu adanya pengakuan orang tua terhadap segala kemampuan yang dimiliki oleh anak. Pengasuh menuruti semua kemauan anak akan tetapi ada kesepakatan atau syarat yang berlaku diantara kedua belah pihak. Sehingga hubungan pengasuh dengan anak pun terjalin dengan baik. Adapun pola asuh yang lain yaitu pola asuh otoriter yang ditandai dengan cara mengasuh anak menggunakan aturan yang ketat, seringkali memaksa anak untuk berperilaku seperti dirinya. Selain itu pola asuh permisif yaitu membiarkan anak bertindak sesuai dengan keinginan yang akan dilakukannya dan tidak memberikan hukum ketika anak melakukan kesalahan. Ketika keinginan anak tidak dipenuhi maka dia pun langsung rewel.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 25 Feb 2021 07:53
Last Modified: 25 Feb 2021 07:53
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15524

Actions (login required)

View Item View Item