EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di SDIT Al-Firdaus Sungai Jingah Banjarmasin Utara

Mardany, Mardany (2021) Penerapan Metode Ummi Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Di SDIT Al-Firdaus Sungai Jingah Banjarmasin Utara. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (129kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (280kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (112kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (217kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (151kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (271kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (101kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Metode Ummi dalam pelaksanaannya mudah dan menyenangkan untuk dipahami anak serta, menyentuh hati guru tidak hanya sekedar menyampaikan materi pembelajaran namun juga mengajarkan akhlak-aklak Al-Qur’an dan masih ada anak yang sulit dalam mengenal huruf-huruf hijaiyah dan huruf bersambung yang dengan diterapkannya metode Ummi ini dapat menjadi terobosan baru dalam pembelajaran Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Al-Firdaus Sungai Jingah Banjarmasin Utara khususnya untuk anak kelas 1 yang berada ditingkatan jilid 2 ummi yaitu, khusus huruf sambung dari alif sampai ya’ dan mampu membaca 2 sampai 3 huruf tunggal yang berharakat selain fathah serta, faktor pendukung dan penghambat penerapan metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an di SDIT AlFirdaus Sungai Jingah Banjarmasin Utara. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara mendalam, dan dokumenter. Adapun teknik pengolahan data yang digunakan yaitu editing, koding, interpretasi data dan klasifikasi data. Kemudian analisis data yang disajikan dalam bentuk uraian-uraian (deskriptif) dalam menganalisis data menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode induktif yang bersifat khusus kemudian dibuat kesimpulan yang bersifat umum. Subjek dalam penelitian ini adalah 3 orang guru yang mengajar Al-Qur’an dengan metode ummi yang terdapat di kelas 1 SDIT Al-Firdaus Sungai Jingah Banjarmasin Utara, sedangkan objek penelitian ini adalah penerapan metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an membaca huruf sambung dari alif sampai ya’ dan mampu membaca 2 sampai 3 huruf tunggal yang berharakat selain fathah serta, faktor pendukung dan penghambat penerapan metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Al-Firdaus Sungai Jingah Banjarmasin Utara. Hasil penelitian penerapan metode Ummi dalam pembelajaran Al-Qur’an di SDIT Al-Firdaus Sungai Jingah Banjarmasin Utara yang berada dikelas 1 dapat terlaksana dengan baik dan sesuai dengan standarisasi Ummi, dalam pembelajaran menggunakan pendekatan bahasa ibu (membaca langsung, diulang-ulang, dan kasih sayang yang tulus). Tujuh tahapan proses pembelajaran (pembukaan, apersepsi, penanaman konsep, pemahaman konsep, latihan/keterampilan, evaluasi, dan penutup) dan model pembelajaran klasikal baca simak murni serta, media atau alat peraga Ummi digunakan dengan baik. Adapun faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode Ummi di SDIT Al-Firdaus Sungai Jingah Banjarmasin Utara berasal dari faktor intern dan ekstern seperti guru/ustadzustadzah, dalam diri anak didik serta keluarga, yang mana hal tersebut sudah mendukung dan dapat teratasi.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KHALIDATUL KHALIDATUL MAULIDIAH KHALIDATUL MAULIDIAH
Date Deposited: 07 Mar 2021 14:04
Last Modified: 07 Mar 2021 14:04
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15610

Actions (login required)

View Item View Item