EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

Optimalisasi Aktualisasi Diri dalam Mengembangkan Multiple Intelligences Menurut Konsep Bimbingan dan Konseling Islam

Rosyida, Aina (2021) Optimalisasi Aktualisasi Diri dalam Mengembangkan Multiple Intelligences Menurut Konsep Bimbingan dan Konseling Islam. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (243kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (158kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (543kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (889kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (227kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Pemenuhan kebutuhan aktualisasi diri tidak jauh dari menggeluti keterampilan yang termuat pada kecerdasan majemuk. Dalam mencapai aktualisasi diri, terdapat proses panjang juga hambatan. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji optimalisasi aktualisasi diri dalam mengembangkan multiple intelligences meliputi kecerdasan linguistik, logis-matematis, interpersonal, dan intrapersonal menurut konsep bimbingan dan konseling Islam. Penelitian ini bersifat kualitatif yaitu memaparkan makna terkandung pada data secara deskriptif. Bentuk penelitian yakni studi pustaka dengan pendekatan content analysis untuk menyimpulkan rangkaian teks kepustakaan guna menjawab fokus penelitian. Adapun langkah yang dilakukan diantaranya mengumpulkan referensi kepustakaan, reduksi data, penarikan inferensi, dan analisis data. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh konsep bimbingan dan konseling Islam memiliki relevansi dalam mengaktualkan kecerdasan majemuk ditinjau dari definisi dan tujuannya. Proses optimalisasi aktualisasi diri dilakukan dengan menjalankan bentuk keberfungsian konsep BKI meliputi fungsi preventif untuk pencegahan hambatan aktualisasi diri dengan kegiatan assessment dan majelis ta’lim, fungsi kuratif melalui teknik konseling taubat, sholat, membaca Al-Qur’an dan zikir, fungsi preservatif menggunakan self management program dan reinforcement, dan fungsi developemental berisikan layanan orientasi dan bimbingan karir berbasis Islam. Dalam mengaktualiasikan kecerdasan majemuk, konsep yang ditawarkan BKI diantaranya adalah malakah dan konsep kesantunan bahasa dalam Islam (linguistik), kegiatan tafakur dan musyawarah (logismatematis), penerapan amar ma’ruf nahi munkar (interpersonal), dan muhasabah (intrapersonal). Upaya lainnya adalah perumusan uraian kegiatan layanan bimbingan yang berlandaskan multiple intelligences dan bertemakan aspek-aspek aktualisasi diri. Sedangkan tahapan penanganan kasus kesulitan aktualisasi diri meliputi tinjauan awal, pemahaman, penanganan, dan penyikapan kasus sedangkan menurut konsep BKI melalui 3 fase yakni tilawah, tazkiyyah, dan ta’limah serta dijalankan berangsur-angsur.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: KHALIDATUL KHALIDATUL MAULIDIAH KHALIDATUL MAULIDIAH
Date Deposited: 08 Mar 2021 13:34
Last Modified: 08 Mar 2021 13:34
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15667

Actions (login required)

View Item View Item