EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PERAN ORANGTUA DALAM MEMBINA AKHLAK ANAK DI DESA PODOK KECAMATAN ALUH-ALUH KABUPATEN BANJAR

Rasid, Jaini (2021) PERAN ORANGTUA DALAM MEMBINA AKHLAK ANAK DI DESA PODOK KECAMATAN ALUH-ALUH KABUPATEN BANJAR. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (282kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (723kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (491kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (710kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (322kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (554kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (186kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (384kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

ABSTRAK

Orangtua memiliki peran yang sangat penting terhadap pembinaan anak. orangtua mempunyai tugas membimbing anak dengan cara yang bermacam- macam, karena jika anak di bimbing hanya melalui nasehat, dan memberikan pengarahan terhadap mereka tentang hal-hal yang mereka belum pahami itu tidak cukup, karena anak zaman sekarang sedikit sulit untuk mengerti apa yang dilakukan orangtuanya kepada mereka. Seperti yang sudah Peneliti amati di lingkungan sekitar bahwasanya orangtua yang membimbing anak hanya dengan menasehati dan memberikan contoh saja belum tentu mereka mendengarkan, bahkan anak lebih sering membantah jika dinasehati orangtuanya. Temuan yang penulis perdapati didesa Podok Kecamatan Aluh-aluh Kabupaten Banjar tentang banyaknya Anak-anak di zaman sekarang yang sangat sulit jika hanya dinasehati dan diberikan contoh saja, anak sekarang lebih suka membangkang jika diberikan contoh yang baik dan diperintah orangtua untuk mengerjakan sesuatu. Di sini orangtua harus memiliki cara-cara bagaimana orangtua bisa membina anak untuk berakhlakul karimah.Orangtua membina akhlak anak tidak hanya menggunakan kata-kata maupun contoh-contoh saja, orangtua dapat menggunakan cara pendekatan terhadap anak, dan orangtua sebagai tempat untuk bercerita tentang kehidupan di luar rumah, dengan cara seperti itu dapat membuat anak lebih memiliki rasa kepercayaan terhadap orangtuanya. Bertitik tolak dari permasalahan tersebut maka penulis tertarik untuk melakukan penelitian yang tujuannya adalah untuk mengetahui bagaimana peran orangtua dalam membina akhlak anak di Desa Podok Kecamatan Aluh-aluh Kabupaten Banjar dan faktor yang mempengaruhi peran orangtua dalam membina akhlak anak. Subjek dari penelitian ini adalah lima orangtua dan tujuh orang anak yang berusia sekitar tujuh tahun sampai dengan lima belas tahun tahun. Adapun objek penelitian nya adalah bagaimana peran orangtua dalam membina akhlak anak. Pengumpulan data dalam penelitian ini di ambil dengan cara Obsevasi, Wawancara, dan Dokumenter. Setelah data terkumpul selanjutnya diproses dan di analisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa di Desa Podok Kecamatan Aluh-Aluh Kabupaten Banjar, para orangtua sudah semaksimal mungkin dalam mengarahkan dan membina para anak. Orangtua mengajarkan anak dengan cara pembiasaan dalam setiap kegiatan sehingga dengan begitu anak akan selalu menjalankannya.

Item Type: Skripsi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LA History of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 12 Mar 2021 02:34
Last Modified: 12 Mar 2021 02:34
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15777

Actions (login required)

View Item View Item