EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

STRATEGI PENGELOLAAN WAKAF PRODUKTIF DI MASJID AL-JIHAD BANJARMASIN

Muhammad Fajrin Maulana, Muhammad Fajrin Maulana (2020) STRATEGI PENGELOLAAN WAKAF PRODUKTIF DI MASJID AL-JIHAD BANJARMASIN. Skripsi, Ekonomi dan Bisnis Islam.

[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (569kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (408kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (619kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (612kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (712kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

ABSTRAK

Potensi wakaf sebagai salah satu instrumen dalam mengembangkan ekonomi Islam, khususnya bidang keuangan sosial Islam. Pengelolaan wakaf secara profesional produktif bertujuan untuk memberdayakan potensi wakaf bagi kepentingan kesejahteraan umat manusia. Demikian yang di lakukan pengurus Masjid Al-Jihad adalah dengan memberdayakan aset wakaf yaitu berupa lahan pertanian yang mana hasilnya di pakai untuk program masjid dan kegiatan- kegiatan yang ada di Masjid Al-Jihad. Namun di dalam pengelolaannya wakaf di sana tidak ada bidang khusus dalam pengurusan Masjid Al-Jihad untuk menangani wakaf produktif ini hanya ada bidang infak dan sedekah yang mengelola wakaf di Masjid Al-Jihad. Tujuan Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Strategi Pengelolaan Wakaf Produktif di Masjid Al-Jihad Banjarmasin., serta untuk mengetahui hambatan dan kendala dalam Pengelolaan Wakaf Produktif di Masjid Al-Jihad Banjarmasin. Metode Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah pengurus atau pengelola dari Masjid Al-Jihad Banjarmasin dan objek penelitian adalah Strategi pengelolaan wakaf produktif di Masjid Al-Jihad di Banjarmasin. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumenter kemudian Kemudian data yang diperoleh diolah dengan teknik editing, klasifikasi, dan deskripsi setelah itu dianalisis secara kualitatif untuk menarik kesimpulannya. Hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa Strategi yang dilakukan oleh pengurus sebagai Nazhir adalah dengan memberdayakan lahan pertanian dengan bekerjasama dengan masyarakat setempat yang mana nantinya hasilnya dibagi sesuai kesepakatan. Dan dari hasil nya tersebut dana wakaf di gunakan untuk kegiatan sosial dan pembangunan Masjid. Hambatan terjadi adalah kurangnya sumber daya manusia secara kuantitas. Dan juga kurangnya dana di terima karena untuk mengembangkan wakaf produktif ini butuh dana yang banyak.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 14 Mar 2021 08:51
Last Modified: 14 Mar 2021 08:51
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/15865

Actions (login required)

View Item View Item