EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MAWARIS DI PONDOK PESANTREN INAYATUL MARZUKI KECAMATAN TATAH MAKMUR KABUPATEN BANJAR

Mahmudah, Jamilah (2021) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN MAWARIS DI PONDOK PESANTREN INAYATUL MARZUKI KECAMATAN TATAH MAKMUR KABUPATEN BANJAR. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (77kB)
[img] Text
awal.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (149kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (581kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (195kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (617kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (164kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (261kB)
[img] Text
lampiran-lampiran.pdf

Download (522kB)

ABSTRAK

Sekarang ini masalah yang dihadapi dalam pembelajaran faraidh atau waris adalah aspek dari tenaga pendidik yang mana masih ada yang kurang memahami dan belum menguasai materi faraidh, selain itu guru juga terkendala dengan strategi dan metode yang digunakan dalam pembelajaran faraidh, bahkan cenderung masih monoton sehingga menyebabkan murid tidak paham bahkan sampai bosan belajar ilmu faraidh. Disamping itu problema yang menjadi masalah dalam dunia pendidikan saat ini adalah rendahnya tingkat keaktifan peserta didik di dalam proses belajar mengajar karena kurangya dorongan maupun motivasi dari dirinya sendiri maupun orang lain. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui problematika dalam pembelajaran mawaris di Pondok Pesantren Inayatul Marzuki dan Untuk mengetahui usaha yang dilakukan guru mata pelajaran mawaris dalam mengatasi kesulitan pembelajaran mawaris di Pondok Pesantren Inayatul Marzuki. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yakni penelitian yang dilakukan dengan terjun langsung kelapangan untuk menggali dan meneliti data yang berkenaan dengan problematika pembelajaran Mawaris di Pondok Pesantren Inayatul Marzuki Kecamatan Tatah Makmur. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini bersifat kualitatif dan metode yang digunakan adalah deskriptif. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah 2 orang guru mata pelajaran Faraidh dan santri pada tingkatan wustha 12 orang dan ulya 15 orang. Adapun yang menjadi objek penelitian adalah problematika pembelajaran mawaris di Pondok Pesantren Inayatul Marzuki kabupaten Banjar. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh simpulan bahwa Problematika Pembelajaran Mawaris di Pondok Pesantren Inayatul Marzuki Kecamatan Tatah Makmur Kabupaten Banjar yaitu berhubungan peserta didik, penguasaan dan pengembangan materi, metode mengajar, dan evaluasi. Sedangkan untuk usaha guru dalam mengatasi kesulitan belajar adalah guru melihat kembali catatan hasil belajar peserta didik dan juga melakukan bimbingan belajar dan remedial.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LA History of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 11 Jun 2021 06:42
Last Modified: 11 Jun 2021 06:42
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16284

Actions (login required)

View Item View Item