EMPOWERS IDR

Penelusuran Data IDR

Telusuri data di dalam IDR kami menggunakan fungsi penelusuran lengkap (Advanced).
Update Data IDR Terbaru

Lihat data yang sudah kami tambahkan ke IDR dalam seminggu terakhir.
Pedoman Unggah Mandiri

Sebelum mengupload dokumen, pastikan membaca Pedoman Unggah Mandiri untuk Depositor.
Traffic Pengunjung

Lihat traffic IDR kami. Dari mana mereka datang, device yang dipakai, konten apa saja yang mereka akses, cari dan lainnya

PERSEPSI SISWA KELAS X TERHADAP PEMBELAJARAN MULOK TAJWID DI SMAN 1 MARTAPURA KABUPATEN BANJAR

Saraswati, Eka Agustin (2021) PERSEPSI SISWA KELAS X TERHADAP PEMBELAJARAN MULOK TAJWID DI SMAN 1 MARTAPURA KABUPATEN BANJAR. Skripsi, Tarbiyah dan Keguruan.

[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN TULISAN.pdf

Download (192kB)
[img] Text
AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (85kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (120kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (106kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (9kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (83kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana persepsi siswa terhadap pembelajaran mulok Tajwid dan persepsi siswa terhadap guru mulok tajwid di SMAN 1 Martapura. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), yaitu penelitian yang terjun ke lapangan untuk menggali dan mengumpulkan data yang diperlukan mengenai persepsi siswa terhadap pembelajaran mulok tajwid di SMAN 1 Martapura dan persepsi siswa terhadap guru mulok tajwid di SMAN 1 Martapura. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah persepsi siswa terhadap mulok Tajwid. Sedangkan yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Bahasa 1, X MIPA 2, X MIPA 3 dan X IPS1 6 SMAN 1 Martapura yang berjumlah 29 orang dan seorang guru mata pelajaran Mulok Tajwid kelas X. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini diambil dengan cara, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, selanjutnya dianalisis secara deskriptif kualitatif melalui tahap editing, klasifikasi data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penyajian dan analisis data diperoleh simpulan bahwa persepsi siswa terhadap materi maupun pelaksanaan mulok Tajwid di SMAN 1 Martapura menunjukan siswa senang bahwa mulok yang ada di sekolahnya adalah tajwid. Mulok tajwid sangat diperlukan di sekolah, karena mulok tajwid merupakan suatu hal yang penting dalam mengaplikasikan bacaan Alquran serta memberi manfaat dalam hal penyempurnaan ibadah, terutama dalam hal saat melaksanakan shalat, meskipun hanya sebagian kecil siswa mengatakan, pembelajaran mulok tajwid membosankan, dan persepsi siswa terhadap guru mulok Tajwid yang meliput: (1) penguasaan materi, (2) penguasaan metode, dan (3) evaluasi pembelajaran yang di lakukan guru pada saat pembelajaran mulok tajwid menarik, yakni guru menggunakan metode atau gaya mengajar yang bervariasi sehingga murid dapat mudah memahami.

Item Type: Skripsi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
L Education > LA History of education
Depositing User: Pramubakti Syanie Raisya Hani
Date Deposited: 24 Jun 2021 01:35
Last Modified: 24 Jun 2021 01:35
URI: http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/16318

Actions (login required)

View Item View Item